website statistics Pengertian Proyeksi Dalam Matematika

Pengertian Proyeksi Dalam Matematika

Dalam mengerjakan soal matematika khususnya tentang segitiga kita akan melibatkan dalil Stewart untuk menyelesaikannya, misalnya sebuah segitiga sembarang ABC yang dibagi oleh sebuah garis AD yang memotong AB sehingga menjadi dua bagian segitiga yaitu ΔACD dan ΔBCD seperti gambar di bawah ini.
Pengertian Proyeksi Dalam Matematika

Dapatkah Anda menentukan panjang CD pada segitiga di atas? Untuk menjawab soal tersebut Anda harus benar-benar paham dengan yang namanya Dalil Stewart. Dalil Stewart akan bisa Anda pahami jika sudah paham dengan dalil proyeksi pada segitiga, baik itu segitiga tumpul maupun segitiga lancip. Sebelum melangkah jauh ke semua dalil tersebut, sudahkah Anda paham dengan pengertian proyeksi?

Oke, sekarang Mafia Online akan membahas tentang pengertian proyeksi dan juga contoh soalnya. Sekarang perhatikan gambar di bawah ini.
Dua buah garis

Jika pada garis AB, titik A dihubungkan dengan garis yang tegak lurus dengan garis l dan berpotongan di A’ dan titik B juga dihubungkan dengan garis yang tegak lurus dengan garis l dan berpotongan di B’, maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini.
Proyeksi garis terhadap garis lain

Garis yang berwarna merah yakni garis A'B' adalah proyeksi garis AB terhadap garis l.

Sekarang perhatikan lagi gambar di bawah ini.
Proyeksi garis terhadap garis lain

Jika pada tiap ujung garis l kita tarik garis yang tegak lurus dengan garis AB maka akan tampak seperti gambar di bawah ini.
Hasil Proyeksi garis terhadap garis lain

Pada gambar di atas, ruas garis yang berwarna merah adalah proyeksi ruas garis l terhadap AB.

Berdasarkan dari kedua contoh di atas maka dapat disimpulkan bahwa proyeksi adalah pemetaan suatu daerah secara tegak lurus terhadap daerah lainnya. Bagaimana? Sudah paham bukan pengertian dari proyeksi.

Untuk memantapkan pemahaman Anda tentang proyeksi silahkan simak contoh soal di bawah ini.

Contoh Soal
Perhatikan gambar di bawah ini!
contoh soal proyeksi garis terhadap garis lain

Tentukan proyeksi dari:
a. PQ terhadap QR
b. PQ terhadap PR
c. QR terhadap PQ
d. QR terhadap PR
e. PR terhadap PQ
f. PR terhadap QR

Jawaban:
a. QT
b. PU
c. QS
d. RU
e. PS
f. RT
Bagaimana setelah melihat contoh soal di atas? Sudah paham bukan? Jika ada masalah atau belum paham silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini. Jika sudah paham silahkan baca postingan Mafia Online berikutnya tentang “Dalil Proyeksi Pada Segitiga Lancip

Demikian postingan Mafia Online tentang pengertian proyeksi dalam matematika. Mohon maaf jika ada kata-kata yang salah dalam postingan ini. Salam Mafia => Kita pasti bisa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Proyeksi Dalam Matematika"