website statistics Bagian Fungsi dan Cara Kerja Elektroskop

Bagian Fungsi dan Cara Kerja Elektroskop

Kita ketahui bahwa benda-benda dapat bermuatan listrik jika benda-benda tersebut kekurangan atau kelebihan elektron. Jika suatu benda netral kehilangan elektron maka benda tersebut akan kekurangan elektron sehingga benda tersebut bermuatan positif, sedangkan jika suatu benda netral menerima elektron maka benda tersebut akan kelebihan elektron sehingga benda bermuatan negatif. Bagaimana cara mengetahui bahwa benda tersebut bermuatan negatif atau positif?

Alat yang bisa mengetahui benda tersebut bermuatan negatif atau positif adalah elektroskop. Bagaimana cara kerja elektroskop sehingga kita bisa tahu bahwa benda tersebut bermuatan negatif atau positif? Sebelum membahas tentang cara kerja elektroskop, kita harus tahu apa itu elektroskop, fungsi dan bagian-bagian elektroskop.

Elektroskop adalah suatu alat yang dapat digunakan untuk mendeteksi adanya muatan pada suatu benda. Selain sebagai alat untuk mendeteksi adanya muatan pada suatu benda, elektroskop juga berfungsi sebagai alat untuk memisahkan muatan karena mengguanakan prinsip induksi listrik, mendeteksi jenis muatan (negatif atau positif) suatu benda, dan mengetahui ada atau tidaknya muatan listrik pada suatu benda.

Elektroskop memiliki tiga bagian penting, yakni (1) kepala elektroskop (knop) yang terbuat dari logam, (2) konduktor yang menghubungkan kepala elektroskop dengan daun elektroskpo (foil) yang terbuat dari batang logam, dan (3) daun elektroskop (foil) yang jumlahnya ada dua yang disusun secara terpisah dan biasanya terbuat dari kertas emas atau alumunium tips.

Prinsip kerja elektroskop adalah menggunakan prinsip induksi listrik. Induksi listrik merupakan pemisahan muatan listrik pada benda netral jika benda itu didekati dengan benda lain yang bermuatan listrik. Jika kepala elektroskop yang netral didekatkan dengan benda bermuatan listrik, maka daun elektroskop akan mengembang, dan jika kepala elektroskop yang netral didekatkan dengan benda tidak bermuatan listrik (netral) maka daun elektroskop tetap (kuncup).

Jadi kita dapat mendekteksi bahwa benda tersebut memiliki muatan (baik itu bermuatan negatif maupun positif) jika daun elektroskop mengembang (mekar). Misalnya kita akan mendeteksi apakah sebuah penggaris memiliki muatan atau tidak. Pertama-tama ambil sebuah penggaris (jangan diperlakukan apa-apa) kemudian dekatkan dengan kepala elektroskop, maka daun elektroskop tersebut akan diam (tidak mengembang). Itu artinya penggaris tidak bermuatan. Kemudian coba penggaris tersebut digosok-gosokan secara searah pada rambut Anda beberapa menit, kemudian dekatkan dengan kepala elektroskop maka daun elektroskop akan mengembang. Itu artinya bahwa penggaris tersebut sudah bermuatan listrik (silahkan baca bagaimana caranya agar benda bermuatan listrik).

Bagian Fungsi dan Cara Kerja Elektroskop


Cara yang dijelaskan di atas merupakan cara mendeteksi apakah suatu benda bermuatan listrik atau tidak. Bagaimana cara mengetahui bahwa benda tersebut bermuatan negatif atau psoitif?

Suatu elektroskop dapat juga digunakan untuk menentukan apakah benda tersebut bermuatan negatif atau positif,  jika pertama-tama pemisahan muatan dilakukan dengan cara konduksi. Cara konduksi merupakan kontak langsung antara kepala elektroskop dengan benda yang sudah diketahui jenis muatannya negatif sehingga elektron mengalir dari benda ke eletroskop.

Misalnya kita akan mendekteksi jenis muatan suatu benda dengan elektroskop bermuatan negatif. Jika benda bermuatan negatif didekatkan ke kepala elektroskop (tidak disentuhkan), maka lebih banyak elektron diinduksi untuk bergerak ke bawah menuju daun elektroskop sehingga kedua daun ini terpisah lebih lebar. Di sisi lain, jika muatan positif didekatkan, maka elektron-elektron akan diinduksi untuk bergerak ke atas, sehingga menjadi lebih negatif dan jarak pisah kedua daun ini menjadi berkurang (menguncup).

Elektroskop yang telah bermuatan listrik ini dapat digunakan unutk mengetahui jenis muatan. Apabila benda yang didekatkan kepala elektroskop menyebabkan daun elektroskop lebih mekar, maka muatan listrik pada kepala elektroskop adalah sejenis dengan benda yang didekatkan. Apabila benda yang di dekatkan menyebabkan daun elektroskop lebih kuncup, maka muatan listrik pada kepala elektroskop adalah tidak sejenis dengan benda yang didekatkan.

Contoh lain lagi, kita akan mendeteksi apa jenis muatan pada penggaris yang sudah digosok-gosokan pada rambut dan kaca yang sudah digosokan dengan kain sutra. Misalkan elektroskop yang kita gunakan adalah elektroskop bermuatan negatif. Jika eletroskop bermuatan negatif kita dekatkan dengan penggaris dan ternyata kedua daun eletroskop tambah mengembang maka penggaris tersebut bermuatan negatif. Jika eletroskop bermuatan negatif kita dekatkan dengan kaca dan ternyata kedua daun eletroskop menguncup maka kaca tersebut bermuatan positif.

Demikian postingan Mafia Onlien tentang cara kerja elektroskop. Semoga postingan ini bermanfaat dan mohon maaf jika ada kata yang salah. Salam Mafia => Kita pasti bisa.

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Bagian Fungsi dan Cara Kerja Elektroskop"

Jumran Ris said...

sangat membantu, thanks.

Anonymous said...

Ini membantu sekali,, lebih dari yang lain.. simple,, but lengkapp.,,, good job

Inas Eriana said...

Makasih, kak. Bantu banget.

Admin said...

Ya. Terima kasih juga atas kunjungannya.

any nur ekawati said...

Berharga bgt buat saya untuk membantu anak belajar. Thx