Bagaimana Cara Menentukan Letak Pecahan pada Garis Bilangan

Masih ingatkah dengan cara menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan? Untuk mengingatkan kembali, berikut contoh letak bilangan bulat pada garis bilangan.


Untuk menentukan letak pecahan pada garis bilangan, caranya hampir sama seperti cara menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan. Akan tetapi, bilangan pecahan terletak di antara dua bilangan bulat pada garis bilangan. Sebagai contoh, jika pada garis bilangan di atas, jarak antara dua bilangan bulat yang berdekatan dibagi dua maka garis bilangannya menjadi seperti gambar di bawah ini.


Adapun untuk letak pecahan yang lain, dapat kalian tentukan dengan membagi jarak antara dua bilangan bulat menurut besarnya penyebut. Misalnya di mana letak pecahan 1/8 pada garis bilangan?

Untuk menentukan letak pecahan 1/8 pada garis bilangan dapat dilakukan dengan membagi jarak dari bilangan bulat 0 sampai bilangan bulat 1 menjadi 8 bagian, seperti gambar di bawah ini.


Perhatikan gambar di atas, bilangan bulat dari 0 sampai 1 dibagi menjadi delapan bagian yang sama dan letak bilangan pecahan 1/8 yang dilingkari merah. Dari gambar di atas juga terlihat bahwa pecahan yang lebih besar berada di sebelah kanan, sedangkan pecahan yang lebih kecil berada di sebelah kiri.

Sekarang coba tentukan letak pecahan 11/8 pada garis bilangan? Bagi bilangan 11 dengan 8 maka akan diperoleh 1 sisia 3, jadi pecahan terletak antara bilangan bulat 1 dan 2. Kemudian bagi garis bilangan antara 1 dan 2 menjadi 8 bagian yang sama, maka akan tampak seperti gambar di bawah ini.


Selain bilangan pecahan positif, ada juga bilangan pecahan negatif yang diletakan pada garis bilangan. Letak pecahan negatif sebelah kiri dari bilangan bulat 0. Pecahan negatif adalah pecahan yang nilainya lebih kecil daripada nol. Pecahan negatif menggunakan tanda negatif, misalnya –½ , –¼ dan –4/5. Cara meletakan bilangan pecahan sama seperti meletakan bilangan pecahan positif. Misalnya di mana letak pecahan –3/8 pada garis bilangan?

Untuk menentukan letak pecahan –3/8 pada garis bilangan dapat dilakukan dengan membagi jarak dari bilangan bulat –1 sampai bilangan bulat 0 menjadi 8 bagian, seperti gambar di bawah ini.


Nah, contoh-contoh di atas merupakan cara meletakan satu buah bilangan pecahan. Bagaimana kalau ada lebih dari satu bilangan pecahan?

Jika ada lebih dari satu bilangan pecahan maka gunakan konsep pecahan senilai dengan menyamakan penyebutnya dengan menggunakan konsep KPK. Misalnya tentukan letak bilangan pecahan ½ dan 2/3 pada garis bilangan?

Untuk memecahkan permasalahan seperti ini, terlebih dahulu samakan penyebut kedua bilangan pecahan ½ dan 2/3 dengan menggunakan KPK pada penyebutnya, maka:
KPK dari 2 dan 3 adalah 6, maka pecahan yang senilai dengan:
=> ½ = 3/6
=> 2/3 = 4/6
Untuk menentukan letak pecahan 2/6 dan 4/6 pada garis bilangan dapat dilakukan dengan membagi jarak dari bilangan bulat 0 sampai bilangan bulat 1 menjadi 6 bagian, gambar garis bilangannya akan tampak seperti gambar di bawah ini dan letak bilangan pecahan ½ dan 2/3 yang dilingkari merah.



Nah, demikian postingan Mafia Online tentang bagaimana cara menentukan letak pecahan pada garis bilangan. Mohon maaf jika ada kata atau perhitungan yang salah pada postingan ini. Untuk postingan selanjutnya silahkan baca tentang bagaimana cara menentukan pecahan yang nilainya di antara dua pecahan. Salam Mafia => Kita pasti bisa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Cara Menentukan Letak Pecahan pada Garis Bilangan"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.