website statistics Pengertian Bilangan Bulat

Pengertian Bilangan Bulat


Masih ingatkah Anda dengan bilangan cacah? Bilangan cacah sudah Anda pelajari pada saat duduk di bangku sekolah dasar. Coba Anda ingat kembali materi tersebut! Adapun bilangan cacah yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 ... dan seterusnya. Untuk menggambarkannya ke dalam sebuah garis bilangan, dapat digunakan analogi ketika Anda berdiri di atas lantai berpetak dan tiap petak kita anggap sebagai sebuah titik. Di mana Anda berdiri salah satu petak dan petak tersebut namakan titik 0 (nol). Maka garis bilangannya akan tampak seperti gambar di bawah ini.

Pada petak di depannya kita beri angka 1, 2, 3, 4, ....dan seterusnya, jika Anda maju 2 langkah ke depan, berati Anda berdiri dipetak dengan angka +2. Selanjutnya, jika dari +2 Anda kemudian kamu mundur 1 langkah ke belakang, kamu berdiri di angka +1.

Nah yang jadi permasalahan adalah jika Anda mundur lagi 2 langkah ke belakang lagi. Berdiri di petak dengan angka berapakah Anda sekarang?

Sekarang perhatikan bahwa posisi 2 langkah ke depan dari titik nol (0) dinyatakan dengan +2. Demikian pula posisi 1 langkah ke depan dinyatakan dengan +1. Oleh karena itu, posisi 2 langkah ke belakang dari titik nol (0) dinyatakan dengan –2. Adapun posisi 1 langkah ke belakang dari titik nol (0) dinyatakan dengan –1.

Pasangan-pasangan bilangan seperti di atas jika dikumpulkan akan membentuk bilangan bulat. Tanda + pada bilangan bulat biasanya tidak ditulis. Kumpulan semua bilangan bulat disebut himpunan bilangan bulat dan dinotasikan dengan B = {..., –3, –2, –1, 0, 1, 2, 3, ...}. Bilangan bulat terdiri atas himpunan bilangan bulat negatif {..., –3, –2, –1}, nol {0}, dan himpunan bilangan bulat positif {1, 2, 3, ...}. Jika  digambarkan pada garis bilangan akan tampak seperti gambar di bawah ini. 

Berikut Mafia Online berikan beberapa contoh soal tentang bilangan bulat, silahkan simak baik-baik.

Contoh Soal
Tuliskan dan gambarkanlah dalam garis bilangan:
a. Himpunan bilangan bulat di antara –5 dan 3!
b. Himpunan bilangan genap di antara –4 dan 4!
c. Himpunan bilangan ganjil di antara –2 dan 3!

Penyelesaian:
a. Kita gambarkan terlebih dahulu bilanagn bulat antara antara –5 dan 3 ke dalam garis bilangan seperti gambar berikut.
Maka, himpunan bilangan bulat di antara –5 dan 3 adalah {–4, –3, –2, –1, 0, 1, 2}.

b. Kita gambarkan terlebih dahulu bilanagn bulat antara antara –4 dan 4 ke dalam garis bilangan seperti gambar berikut.
Maka, himpunan bilangan bulat genap di antara –4 dan 4 adalah {–2, 0, 2}.

c. Kita gambarkan terlebih dahulu bilanagn bulat antara antara –2 dan 3 ke dalam garis bilangan seperti gambar berikut.
Maka, himpunan bilangan bulat ganjil di antara –2 dan 3 adalah {–1, 1}.

Demikian postingan Mafia Online tentang pengetian bilangan bulat dan contoh soalnya. Mohon maaf jika ada kata atau perhitungan yang salah dalam postingan di atas. Silahkan baca postingan berikutnya tentang penerapan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari. Salam Mafia => Kita pasti bisa.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian Bilangan Bulat"

Nafis Daffa . R said...

trimakasih mafia onlaine.. ini sangat membantu saya dalam belajar.. :)