Selisih Vektor dengan Poligon dan Jajargenjang

Seperti pada penjumlahan vektor, suatu vektor bisa dikurangkan dengan vektor lain. Pengurangan suatu vektor A dengan vektor B sama dengan penjumlahan vektor A dengan negatif vektor B (atau -B ).

Pengurangan vektor pada dasarnya sama dengan penjumlahan vektor negatif.
Pengurangan vektor pada gambar di atas dilakukan dengan cara membuat vektor B (vektor yang besarnya sama dengan vektor B, sejajar, tetapi arahnya berlawanan). Suatu vektor A dikurangi dengan vektor B dan hasilnya vektor yaitu:

Sama seperti pada penjumlahan besaran vektor, pada selisih vektor juga bisa menggunakan cara poligon dan dengan cara jajargenjang. Berikut contoh gambar selisih vektor dengan menggunakan metode poligon.

Pengurangan vektor A dengan vektor B dengan metode jajar genjang yaitu sama dengan penjumlahan vektor A dengan vektor -B. Berikut gambar pengurangan vektor dengan metode jajargenjang.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Selisih Vektor dengan Poligon dan Jajargenjang"

  1. ko mtk ny g bsa d buka yaa untuk SMA kelas X

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk matematika kelas x semester ganjil belum tersedia linknya. Nanti akan saya tambahkan linknya. terima kasih atas kunjungannya.

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.