Sejarah Penemuan Inti Atom

Sebelumnya sudah membahas tentang sejarah penemuan elektron daan sejarah penemuan proton. Setelah penemuan proton dan elektron, Ernest Rutherford melakukan penelitian penembakan lempeng tipis emas. Jika atom terdiri dari partikel yang bermuatan positif dan negatif maka sinar alfa yang ditembakkan seharusnya tidak ada yang diteruskan/menembus lempeng sehingga muncullah istilah inti atom. Ernest Rutherford dibantu oleh Hans Geiger dan Ernest Marsden pada tahun 1911, menemukan konsep inti atom didukung oleh penemuan sinar X oleh WC. Rontgen pada tahun 1895 dan penemuan zat radioaktif pada tahun 1896. Percobaan Rutherford dapat digambarkan sebagai berikut.

percobaan membuktikan adanya inti atom

Hasil percobaan ini membuat Rutherford menyatakan hipotesisnya bahwa atom tersusun dari inti atom yang bermuatan positif dan dikelilingi elektron yang bermuatan negatif, sehingga atom bersifat netral. Massa inti atom tidak seimbang dengan massa proton yang ada dalam inti atom, sehingga dapat diprediksi bahwa ada partikel lain dalam inti atom.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Penemuan Inti Atom"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.