website statistics Rangkaian Listrik Di Rumah Tangga

Rangkaian Listrik Di Rumah Tangga

Iklan
Iklan
Pada umumnya arus listrik yang dialirkan ke rumah Anda berasal dari jaringan Perusahan Listrik Negara (PLN) dengan menggunakan arus dan tegangan bolak-bali atau alternating curent (AC). Berikut Mafia Online berikan tahapan masuknya listrik dari tiang jaringan hingga sampai ke rumah Anda.

Arus listrik pertama kali masuk ke MCB (main circuit braker) atau pembatas daya yang berfungsi sebagai pembatas daya maksimun yang digunakan, lalu ke kWh meter, kotak sekering dan akhirnya ke semua peralatan listrik (lampu, tv, kipas angin, dan lain sebagainya). Pada dasarnya pembatas daya digunakan untuk membatasi kuat arus yang masuk ke setiap rumah. Pembatas ini sudah ditentukan berdasarkan pemesanan daya pada saat pertama kali pemasangan kWh meter.

Mungkin Anda pernah mendengar atau bertanya berapa daya listrik dirumahmu? Mungkin ada yang menjawab bahwa daya listrik yang ada dirumahnya sebesar 400 watt. Apa artinya daya listrik 400 watt? Ini artinya jika daya listrik di rumah Anda sebesar 400 watt maka semua peralatan listrik yang anda gunakan secara bersamaan tidak boleh melebihi dari 400 watt. Jika lebih dari 400 watt maka kumparan pemutus daya akan menerima arus berlebih sehingga secara otomatis sakelar dari MCB menjadi off dan listrik anda akan padam.

Ingat setiap kWh meter yang terpasang di rumah anda sudah memiliki spesifikasi kuat arus tertentu. Jadi setiap kWh meter memliki spesifikasi kuat arus yang berbeda-beda tergantung pemesanan dan keperluan anda.

Oke, sekarang Mafia Online contohkan jika spesifikasi kuat arus listrik di rumah Anda sebesar 2 A dan tegangan listriknya 220 Volt. Maka daya listrik maksimal yang bisa anda gunakan di rumah anda 440 Watt (ingat konsep DAYA LISTRIK . . . ). Jika lebih dari 440 watt maka kumparan pemutus daya akan menerima arus berlebih sehingga secara otomatis sakelar dari MCB menjadi off dan listrik anda akan padam.

Masih ingatkah anda fungsi dari sekering? Ya fungsinya untuk memutuskan arus listrik jika terjadi hubungan arus pendek (korsleting listrik). Hubungan pendek terjadi apabila dua kawat bersilangan sehingga jalur arus keduanya terhubung. Hal ini menyebabkan hambatan pada rangkaian sangat kecil, sehingga arus akan sangat besar. Sekering banyak digunakan pada peralatan listrik seperti tv, radio, dan tape reorder. Setiap sekering memiliki nilai kuat arus yang sudah ditetapkan, misalnya 1 A, 3 A, 5 A, dan 15 A. Lho kenapa setiap sekering memiliki nilai kuat arus yang berbeda-beda?

Oke sekarang mafia Online berikan contohnya, misalkan anda memiliki seterika 900 W, 220 V akan dilengkapi dengan sebuah sekering. Jika sekering yang tersedia 1 A, 3 A, 5 A, dan 15 A, berapa nilai sekering yang harus dipilih?

Pertama anda harus menghitung berapa kuat arus yang mengalir pada seterika tersebut, yaitu:
I = P/V
I = 900 W/220 V
I = 4 A
Sekering yang harus digunakan sedikit lebih besar dari 4 A yaitu 5 A.

Pemasangan peralatan listrik di rumah-rumah sebaiknya dipasang secara paralel. Lho kok dipasang secara paralel? Kenapa tidak dipasang secara seri saja? Untuk mejawab pertanyaan ini Anda harus kembali mengingat konsep RANGKAIAN LISTRIK PARALEL .. . .

Tujuan pemasangan peralatan listrik agar dipasang secara paralel agar semua peralatan listrik tersebut mendapat tegangan yang sama. Sehingga peralatan listrik anda dapat berfungsi dengan baik. Seperti gambar di bawah ini.
Peralatan listrik yang dipasang paralel pada rumah tangga
Gambar di atas menunjukkan peralatan listrik dalam rumah tangga yang dirangkai secara paralel.
Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rangkaian Listrik Di Rumah Tangga"