Sumber Arus Listrik Dalam Kehidupan

Pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya mengkampanyekan tentang penghematan energi, salah satunya energi listrik. Dampak dari kampanye penghematan energi di kota-kota besar sering terjadi pemadaman listrik secara bergilir. Untuk mengantisipasi pemadaman bergilir pemerintah berusaha mencari solusi dengan cara membuat energi alternatif. Salah satunya adalah energi listrik yang memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber listriknya yang sering dikenal dengan nama sel surya.

Gambar panel sel surya
sumber gambar: energisurya.wordpress.com
Selain dengan memanfaatkan energi cahaya matahari masih ada banyak sumber energi listrik. Berikut Mafia Online berikan beberapa sumber energi listrik, yaitu:
  1. Sumber elektromagnetik, energi listrik ini dihasilkan dari gejala atau efek induksi elektromagnetik. Misalnya dinamo yang mampu menghasilkan arus listrik bolak-balik.
  2. Sumber listrik termoelektrik, energi listrik ini dihasilkan dari efek termolektrik.
  3. Sumber listrik fotolistrik, energi listrik ini dihasilkan dari proses fisika yang mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik, misalnya panel sel surya yang dipasang di jalan raya untuk penerangan jalan raya.
  4. Sumber piezoeletrik, energi listrik ini dihasilkan dari efek piezoeletrik yaitu sifat bahan jika menerima tekanan dari luar bisa menghasilkan energi listrik.


Sumber energi listrik dapat dibedakan menjadi dua yaitu sumber energi arus searah dan sumber energi arus bolak-balik. Untuk sumber energi arus searah dapat dibedakan menjadi dua yaitu elemen primer dan elemen sekunder.
  1. Elemen primer, merupakan sumber arus listrik jika sudah habis energi listriknya memerlukan pergantian bahan-bahan pereaksi. Elemen primer ini menggunakan bahan kimia yang reaksi kimianya tidak bisa dibalikan lagi sehingga elemen primer ini hanya bisa digunakan sekali pakai. Misalnya elemen volta dan elemen daniel.
  2. Elemen sekunder, merupakan sumber arus listrik jika sudah habis energi listriknya dapat diperbaruhi lagi sehingga sumber arus listrik tersebut dapat digunakan lagi. Misalnya akumulator dan baterai isi ulang.


Untuk jenis-jenis sumber energi listrik akan Mafia Online posting pada postingan berikutnya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sumber Arus Listrik Dalam Kehidupan"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.