website statistics Pengertian dan Rumus Pembiasan Cahaya

Pengertian dan Rumus Pembiasan Cahaya

Dalam kehidupan sehari-hari kamu mungkin pernah melihat peristiwa pembiasan. Ketika pensilmu dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air jernih, pensil tersebut seolah-olah membengkok pada titik batas udara dan air. Mengapa ini terjadi?  

Sebagai gelombang elektromagnetik, cahaya akan dipantulkan atau dibiaskan saat melewati bidang batas antara dua medium. Saat cahaya dari udara melewati bidang batas antara air dan udara, maka sebagian kecil dari cahaya akan dipantulkan dan sisanya akan diteruskan. Karena terdapat perbedaan kerapatan optik antara udara dan air, maka arah berkas cahaya yang datang dari udara tidak akan sama dengan arah berkas cahaya di dalam air. Karena hal tersebut, maka cahaya akan dibelokkan. Peristiwa ini disebut pembiasan.  

Hal serupa terjadi ketika kamu menyorotkan lampu senter ke dalam air. Lampu senter tersebut ada yang dibiaskan dan ada yang dipantulkan. Selain terjadi pembiasan, cahaya lampu senter pun mengalami pemantulan. Hal ini terjadi karena air mempunyai warna yang jernih. Telah dibahas sebelumnya, jika cahaya mengenai suatu permukaan jernih, cahaya tersebut akan mengalami pemantulan dan pembiasan. 

Pembiasan adalah perubahan arah sinar cahaya (atau jenis gelombang lain) ketika melewati dua medium transparan yang kerapatannya berbeda, misalnya air dan udara. Pembiasan merupakan salah satu fenomena penting yang paling mendasar untuk menjelaskan kejadian-kejadian yang terjadi pada lensa dan prisma. 
 
Sedangkan, rapat optik adalah sifat dari medium tembus cahaya (zat optik) dalam melewatkan cahaya. Kerapatan optik yang berbeda pada dua medium, menyebabkan cepat rambat cahaya pada kedua medium tersebut berbeda. Perbandingan antara cepat rambat cahaya pada medium 1 dan medium  2 disebut indeks bias. Jika medium 1 adalah ruang hampa, maka perbandingan antara cepat rambat cahaya di ruang hampa dan di sebuah medium disebut indeks bias mutlak medium tersebut.



dengan:
n = indeks bias mutlak medium
c = cepat rambat cahaya di ruang hampa = 3108 m/s
v = cepat rambat cahaya pada medium

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pengertian dan Rumus Pembiasan Cahaya"

Ayunita Regita said...

Maksud nya Lampu senter tersebut ada yang dibiaskan dan ada yang dipantulkan apa ya?pemantulan cahaya nya terjadi di mana?Tolong penjelasannya dan reply nya ya.Soal nya aku mau ada ujian praktek,Makasih:)

Luh Gede said...

Ya sinar lampu senter itu ada yang dibiaskan dan ada juga yang dipantulkan. Pemantulan sinarnya terjadi di permukaan air, hanya sedikit cahaya yang dipantulkan. Terima kasih atas kunjungannya. Maaf replynya lambat karena ada kesibukan.