Volume 2 Liter Minyak Goreng Tidak Sama Dengan 2 Kg? Ini Penjelasannya

Belakangan ini di media sosial dihebohkan oleh seseorang yang menimbang 2 liter minyak goreng yang hasilnya tidak sama dengan 2 kg. kok bisa?


Sebelum menjawab pertanyaan kenapa minyak goreng 2 liter setelah ditimbang hasilnya tidak sama dengan 2 kg. Kamu harus paham terlebih dahulu satuan dari Liter dan Kg.

Volume 2 Liter Minyak Goreng Tidak Sama Dengan 2 Kg? Ini Penjelasannya
Gambar ilustrasi
Doc. Pribadi


Liter merupakan satuan volume. Biasanya untuk menentukan ukuran volume benda cair menggunakan satuan Liter. Menurut Wikipedia, Liter bukan salah satu dari satuan Sistem Internasional (SI), tetapi disenaraikan sebagai salah satu dari "unit di luar SI yang diterima penggunaanya dengan SI". Sebenarnya satuan SI untuk volume adalah meter kubik (m³).


(silahkan baca: Cara Mengkonversi Satuan Volume)


Sedangkan Kilogram (Kg) merupakan satuan yang digunakan untuk mengukur massa suatu benda. Dalam penerapannya di kehidupan sehari-hari, massa sebuah benda disamakan dengan berat, padahal sebenarnya keduanya adalah hal yang berbeda sama sekali, dilihat dari nilai serta konsepnya. Dalam konteks sains, massa merujuk kepada banyaknya jumlah partikel dalam suatu objek, sedangkan berat merujuk kepada gaya yang dialami oleh suatu benda akibat adanya gaya gravitasi. Jadi berat benda di bumi akan berbeda jika berada di bulan walaupun massanya sama.


Berdasarkan definisi dari kedua satuan tersebut, kita tidak bisa mengkonversi secara langsung satuan liter ke satuan kilogram (Kg). Agar satuan liter dapat dikonversi ke satuan kg, maka perlu besaran lain yang menghubungkan keduanya yakni massa jenis. Dalam ilmu fisika massa jenis dilambangkan dengan ρ. Menurut SI satuan dari massa jenis adalah kg/m3.


Hubungan antara volume, massa dan massa jenis benda dapat dirumuskan dengan persamaan:

ρ = m/V


di mana:

ρ = massa jenis benda

m = massa benda

V = volume benda


Jadi untuk bisa mengkonversi satuan liter ke kg kita harus mengetahui massa jenis benda yang akan dikonversi satuannya. Menurut Gumilar dkk (2016) dalam penelitiannya yang berjudul “Pengukuran Massa Jenis Fluida dengan Menggunakan Roberval Balance” didapatkan hasil bahwa diperoleh rata-rata massa jenis minyak goreng sebesar 0,862 g/mL atau 0,862 kg/L.


Sekarang kita hitung massa minyak goreng 2 liter dengan menggunakan rumus massa jenis di atas yakni:

ρ = m/V

m = ρ.V

m = (0,862 kg/L)(2 L)

m = 1,724 kg.

 

Jadi untuk volume minyak goreng 2 Liter akan didapatkan massanya sebesar 1,724 kg. Bagaimana? Sudah tidak bingung lagi bukan?


Referensi:

Gumilar, T., Zakwandi, R., Fatimah, R.R.J., & Agustina, D.A. 2016. Pengukuran Massa Jenis Fluida dengan Menggunakan Roberval Balance. PROSIDING SKF 2016. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung.

TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Volume 2 Liter Minyak Goreng Tidak Sama Dengan 2 Kg? Ini Penjelasannya"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.