Pengertian Gelombang Transversal dan Longitudinal


Gelombang dalam perambatannya mempunyai arah dalam perambatannya, begitu juga dengan getaran (ingat pengertian gelombang, bahwa gelombang adalah getaran yang merambat). Seperti yang dijelaskan pada postingan sebelumnya tentang pengertian gelombang, bahwa berdasarkan arah rambatannya, gelombang dibedakan menjadi dua kelompok yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Apa pengertian dan contoh gelombang transversal dan gelombang longitudinal?

Gelombang Transversal
Untuk mengetahui apa pengertian gelombang transversal coba lakukan percobaan sederhana berikut. Kamu ambil sebuah tali dan pita, kemudian tali tersebut kamu pegang ujungnya dan ujung yang lain suruh teman kamu untuk memegannya. Sementara pita tersebut kamu ikatkan pada tengah-tangah tali. Kemudian hentakan ujung tali yang kamu pegang. Apa yang terjadi pada tali tersebut? Apa yang terjadi pada pita yang kamu ikatkan pada tengah-tengah tali?
Ketika kamu menghentakkan ujung tali sementara ujung yang lainnya dipegang temanmu, akan terbentuk gelombang yang menjalar dari ujung yang kamu pegang ke ujung yang dipegang temanmu. Arah gelombang tersebut adalah mendatar atau horizontal.
Pita yang diikatkan pada tali akan mengalami gerakan naik dan turun setiap kali gelombang melewatinya. Pita tidak ikut merambat, tetapi hanya bergerak ke atas kemudian ke bawah jika gelombang telah melewatinya. Gerakan pita adalah vertikal.



Ternyata, gelombang pada tali merambat secara horizontal dan arah getarannya vertikal. Dengan demikian arah perambatan gelombang dan arah getarannya saling tegak lurus. Gelombang seperti ini disebut dengan gelombang transversal. Jadi, pengertian gelombang transversal adalah gelombang yang arah perambatannya tegak lurus terhadap arah getarannya.

Gelombang Longitudinal
Bagaimana arah perambatan gelombang dan arah getaran pada gelombang longitudinal? Gelombang longitudinal dapat kamu amati pada slinki. Untuk mengamati gelombang longitudinal lakukan kegiatan berikut.
Ketika slinki kamu gerakkan, pada slinki akan merambat gelombang yang arahnya searah dengan arah getaran dari tanganmu yang diberikan pada slinki. Gelombang yang arah rambatannya searah dengan arah getarannya seperti pada gelombang slinki dinamakan gelombang longitudinal.



TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Pengertian Gelombang Transversal dan Longitudinal"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.