Pengertian, Keuntungan Mekanis dan Contoh Bidang Miring

Pernahkah anda berpikir kenapa jalan di pegunungan dibuat berbelok-belok? Kenapa tidak dibuat lurus saja sampai ke puncak pegunungan?

Bidang Miring

Untuk menjawab permasalahan tersebut, misalkan anda akan menaikan suatu benda yang massanya besar ke dalam truk. Apakah kamu memilih langsung mengangkatnya ataukah mendorongnya melalui jalur melandai dengan menggunakan papan? Tentu saja anda akan menggunkan papan untuk menaikan benda ke dalam truk. Kenapa menggunakan papan?

Dengan menggunakan papan maka jalur yang anda gunkan utuk menaikan benda ke dalam truk menjadi lebih landai atau lebih datar. Jalur yang landai akan membuat kerjamu lebih mudah. Jalur itu adalah sebuah sebuah bidang miring, sebuah permukaan melandai yang digunakan untuk menaikkan benda. Besar usaha yang dilakukan pada kotak sama dengan bila kamu mengangkat langsung kotak itu. Namun ingatlah bahwa usaha memiliki dua hal: gaya dan jarak. Jika kamu mengangkat langsung, jaraknya pendek, tetapi gayanya besar. Dengan menggunakan bidang miring, kamu harus melewati jarak lebih jauh, tetapi kamu mengerahkan sedikit gaya.

Jadi dari penjelasan tersebut dapat ditarik kesimpulan pengertian dari bidang miring. Bidang miring adalah jalur atau permukaan yang landai atau miring yang digunakan untuk memperkecil gaya yang kita keluakan. 

Pengertian dan Contoh Bidang Miring

Sama halnya seperti tuas atau pengungkit dan katrol, bidang miring juga memiliki keuntungan mekanis. Keuntungan mekanis bidang miring tergantung pada ketinggian dan panjang bidang miring tersebut. Semakin tinggi bidang miring tersebut maka keuntungan mekanisnya semakin kecil, begitu juga sebaliknya semakin rendah bidang miring tersebut maka keuntungan mekanisnya makin besar. Begitu juga dengan panjang bidang miring tersebut. Semakin panjang bidang miring tersebut maka keuntungan mekaniknya makin besar, begitu juga sebaliknya. 

Keuntungan mekanik bidang miring dapat dihitung rumus: 

 Keuntungan Mekanis Bidang Miring 

Contoh penerapan konsep bidang miring dalam kehidupan sehari-hari adalah jalan di pegunungan dibuat berbelok-belok. Penjelasan yang diuraikan di atas memberikan contoh sebuah bidang miring yang diam. Pada kenyataannya, terdapat bidang miring yang merupakan pesawat sederhana yang dapat bergerak, yaitu baji dan sekrup.
TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Pengertian, Keuntungan Mekanis dan Contoh Bidang Miring"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.