website statistics Cara Menguraikan Vektor Menjadi Vektor Komponen

Cara Menguraikan Vektor Menjadi Vektor Komponen

Cara menguraikan vektor menjadi vektor komponen sangat penting untuk dikuasai, karena cara ini dapat digunakan untuk mancari resultan dari beberapa vektor. Akan tetapi sebelum lebih lanjut membahas tentang cara menguraikan sebuah vektor menjadi komponen vektor, sebaiknya Anda harus paham dengan pengetian vektor dan komponen vektor. Untuk pengertian vektor sudah dibahas pada postingan sebelumnya, silahkan baca perbedaan besaran skalar dan besara vektor.

Sebuah vektor dapat diuraikan menjadi komponen-komponennya yang disebut dengan vektor komponen. Vektor komponen dapat diartikan sebagai hasil penguraian dari sebuah vektor menjadi dua vektor yang saling tegak lurus. Pada koordinat x dan y, sebuah vektor dapat diuraikan menjadi dua vektor komponen yaitu vektor yang terletak di sumbu x disebut dengan vektor komponen sumbu x, dan vektor yang terletak di sumbu y disebut dengan vektor komponen sumbu y. Sekarang perhatikan Gambar 1 di bawah ini.
Penguraian Vektor Menjadi Vektor Komponen
Gambar 1
Penguraian vektor F menjadi vektor komponen Fx dan Fy

Gambar 1 merupakan sebuah vektor F yang diuraikan menjadi dua komponen yang saling tegak lurus yaitu masing Fx dan Fy. Adapun Fx merupakan komponen vektor F pada sumbu x dan Fy merupakan komponen vektor F pada sumbu y. Jadi penguraian vektor dapat diartikan sebagai kebalikan penjumlahan dua buah vektor yang saling tegak lurus. Bagaimana cara menguraikan sebuah vektor menjadi komponen vektor?

Untuk menguraikan sebuah vektor menjadi vektor komponen Anda harus paham dengan konsep trigonometri yaitu sinus dan cosinus. Sekarang perhatikan lagi gambar 1 di atas. Untuk menguraikan vektor F ke sumbu x maka gunakanlah rumus cosinus, maka:
Cos α = Fx/F
Fx = F cos α
Sedangkan, untuk menguraikan vektor F ke sumbu y maka gunakanlah rumus sinus, maka:
Sin α = Fy/F
Fy= F sin α
Jadi sebuah vektor F jika diuraikan menjadi komponen-komponen maka dapat diuraikan menjadi:
Fx = F cos α
Fy= F sin α

Untuk memantapkan pemahaman Anda mengenai cara menguraikan vektor menjadi vektor komponen, silahkan perhatikan contoh soaldi bawah ini.

Contoh Soal
Sebuah vektor gaya F = 10 N bersudut 30° terhadap sumbu x. Tentukan besar komponen vektor tersebut pada sumbu x dan y.

Penyelesaian:
Diketahui:
F = 10 N
α = 30°

Ditanyakan: Fx dan Fy = ?

Jawaban:
Fx = F cos α
Fx = 10 N cos 30°
Fx = 10 N ½√3
Fx = 5√3 N

Fy = F sin α
Fy = 10 N sin 30°
Fy = 10 N . ½
Fy = 5 N

Jadi, besar komponen vektor tersebut pada sumbu x dan y adalah 5√3 N dan 5 N.


Demikian postingan Mafia Online tentang cara menguraikan vektor menjadi vektor komponen dan contoh soalnya. Mohon maaf jika ada kata atau perhitungan yang salah dalam postingan ini. Salam Mafia => Kita pasti bisa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menguraikan Vektor Menjadi Vektor Komponen"