Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari Dua Bilangan atau Lebih

Mungkin Anda pernah melihat soal seperti berikut ini atau sejenisnya. “Iwan, Seno dan Budi adalah teman sekelas dan memiliki hobi yang sama yaitu sama-sama pecinta permainan bulutangkis. Mereka akan mengikuti kegiatan latihan bulutangkis, akan tetapi karena mereka memiliki kesibukan selain latihan bermain bulutangkis akhirnya mereka memilih jadwal yang berbeda. Iwan mengikuti latihan setiap 2 hari sekali, Seno mengikuti latihan setiap 3 hari sekali dan Budi mengikuti latihan setiap 4 hari sekali. Jika mereka latihan bersama-sama pada tanggal 4 September 2013. Kapan mereka akan latihan bersama-sama lagi?”
 
Alat -alat dalam permainan bulutangkis.
Sumber gambar: rahadiona.blogspot.com
Bagaimana cara menyelesaikan permasalahan di atas? Untuk menyelesaiakan permasalahan di atas Anda harus paham dengan konsep kelipatan persekutuan terkecil (KPK). KPK akan bisa anda pahami jika sudah paham dengan konsep kelipatan suatu bilangan bulat positif yang sudah dibahas pada postingan sebelumnya.

Sekarang perhatikan uraian berikut ini!
Bilangan kelipatan 2 => 2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16, 18, 20, 22, 24, 26, . . .
Bilangan kelipatan 3 => 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 27, . . .
Bilangan kelipatan 4 => 4, 8, 12, 16, 20, 24, 28,, ...
Maka bilangan kelipatan 2, 3 dan 4 adalah 12, 24, ...

Bilangan terkecil yang merupakan kelipatan persekutuan dari 2, 3 dan 4 adalah 12. Bilangan 12 dalam hal ini disebut Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari 2, 3 dan 4.

Maka berdasarkan penjelasan di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari m dan n, dengan m, n merupakan anggota himpunan bilangan asli adalah bilangan terkecil anggota himpunan bilangan asli yang habis dibagi oleh m dan n.

Untuk memantapkan pemahaman Anda tentang cara menentukan kelipatan persekutuan terkecil dari dua bilangan atau lebih, silahkan simak contoh soal di bawah ini.

Contoh Soal 1
Tentukan kelipatan persekutuan terkecil dari 4 dan 6.

Penyelesaian:
Bilangan kelipatan 4 => 4, 8, 12, 16, . . .
Bilangan kelipatan 6 => 6, 12, 18, . . .
Maka bilangan terkecil yang merupakan kelipatan persekutuan dari 4 dan 6 adalah 12.

Contoh Soal 2
Tentukan semua kelipatan persekutuan dari 3 dan 5 yang kurang dari 20. Kemudian, tentukan KPK-nya.

Penyelesaian:
Bilangan kelipatan 3 yang kurang dari 20 adalah sebagai berikut
=> 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 27
Bilangan kelipatan 5 yang kurang dari 30 adalah sebagai berikut
=> 5, 10, 15, 20, 25
Maka bilangan terkecil yang merupakan kelipatan persekutuan dari 3 dan 5 adalah 15.

Berdasarkan contoh soal di atas tentunya Anda bisa menjawab pertanyaan yang menjadi pembuka dari artikel ini, yakni kapan mereka akan latihan bersama-sama lagi? Jawabannya sudah pasti 18 September 2013.


Demikian postingan Mafia Online tetang cara menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua buah bilangan atau lebih. Untuk penerapan KPK dalam kehidupan sehari-hari sudah Mafia Online singgung pada pembukaan artikel ini. Untuk yang lebih rinci atau detail akan diulas pada postingan berikutnya. Mohon maaf jika ada kata atau perhitungan yang salah dalam postingan ini. Salam Mafia => Kita pasti bisa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari Dua Bilangan atau Lebih"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.