Pengertian Kejadian Sederhana


Sebelumnya Mafia Online sudah mengulas tentang pengertian kejadian acak. Di mana kejadian acak merupakan suatu kejadian jika terjadinya kejadian itu tidak dapat diketahui dengan pasti sebelumnya. Sekarang bagaimana kalau kejadian tersebut telah terjadi?

Pernahkah Anda melihat kartu remi (bridge)? Pada seperangkat kartu remi berjumlah 52 buah kartu yang terdiri atas 13 buah kartu merah bergambar hati (heart), 13 kartu merah bergambar wajik (diamond), 13 kartu hitam bergambar sekop (spade), dan 13 kartu hitam bergambar keriting (club). Gambar di bawah ini merupakan contoh gambar kartu remi.

Misalkan, sebuah kartu diambil secara acak dari seperangkat kartu remi tersebut. Andaikan kartu yang terambil bergambar hati (heart), kejadian muncul kartu bergambar hati pada pengambilan tersebut dinamakan kejadian sederhana karena munculnya kartu bergambar hati pasti merah. Berbeda jika kartu terambil berwarna merah. Kejadian munculnya kartu berwarna merah dinamakan kejadian bukan sederhana karena munculnya kartu berwarna merah belum tentu bergambar hati, tetapi mungkin bergambar wajik.

Contoh lain, misalnya pada saat pelemparan sebuah dadu pada permainan monopoli dan ular tangga. Dadu memiliki bentuk seperti kubus, sehingga pada dadu memiliki enam buah sisi. Setiap sisi pada dadu memiliki noktah yang mewakili bilangan 1 sampai 6. Gambar di bawah ini merupakan contoh gambar sebuah dadu.

Pada saat pelemparan sebuah dadu pada permainan monopoli atau ular tangga, sisi yang muncul adalah 5. Kejadian muncul sisi bernoktah 5 pada dadu pada saat pelemparan merupakan kejadian sederhana karena munculnya noktah 5 pasti bilangan ganjil. Berbeda jika pada saat pelemparan dadu muncul noktah bilangan ganjil. Kejadian munculnya dadu bernoktah bilangan ganjil dinamakan kejadian bukan sederhana karena munculnya dadu bernoktah bilangan ganjil belum tentu bernoktah 5, tetapi mungkin bernoktah 1 atau 3.

Demikianlah postingan Mafia Online tentang pengertian kejadian sederhana. Mohon maaf jika ada kata-kata yang salah dari postingan di atas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Kejadian Sederhana "

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.