Hubungan Antara Pengukuran, Besaran Dan Satuan

Dalam mempelajari konsep-konsep fisika Anda akan selalu dihadapkan dengan istilah pengukuran, besaran dan satuan. Sudah tahukah anda apa yang dimaksud dengan pengukuran, besaran dan satuan itu?

Pengukuran merupakan proses mengukur. Sedangkan mengukur didefinisikan sebagai kegiatan untuk membandingkan suatu besaran dengan besaran standart yang sudah ditetapkan terlebih dahulu. Dari pengertian ini dapat diturunkan pengertian berikutnya yaitu besaran dan satuan. Besaran didefinisikan sebagai segala sesuatu yang didapat dari hasil pengukuran yang dinyatakan dalam bentuk angka dan satuannya.

Dari penjelasan di atas dapat terlihat bahwa pengukuran, besaran dan satuan memiliki hubungan yang erat dan saling berkaitan. Pengukuran merupakan kegiatan atau aktivitasnya, besaran merupakan pokok permasalahan yang diukur sedangkan satuan merupakan pembanding (pengukurnya). Sebagai contoh anda mengukur panjang meja belajar. Besaran yang diukur adalah panjang dan satuan yang digunakan misalnya meter. Contoh lain, seorang ibu menimba air di sumbur mengukur isi air dengan ember. Misalkan ibu tersebut menimba air di sumbur sebanyak 10 ember. Berarti besarnya adalah isi ember sedangkan satuannya adalah ember.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hubungan Antara Pengukuran, Besaran Dan Satuan"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.