Diagram P-T dan Pengertian Titik Didih Larutan

Sebelum mempelajari konsep kenaikan titik didih larutan nonelektronik, kita akan membahas mengenai diagram P-T (diagram tekanan dan suhu) dan pengertian titik didih.

Diagram P-T (Tekanan dan Suhu)
Sekarang coba perhatikan diagram pada gambar di bawah ini. Diagram tersebut disebut diagram P-T karena ada dua variabel yaitu tekanan (P) dan suhu (T). Diagram P-T menunjukkan plot tekanan uap terhadap suhu. Gambar di bawah ini memperlihatkan diagram P-T untuk air. Setiap titik pada garis BC menunjukkan air akan mendidih pada kondisi suhu dan tekanan tertentu.

titik triple
Contoh pada tekanan 760 mmHg (1 atm) air mendidih pada suhu 100 °C, sedangkan pada tekanan 4,58 mmHg air akan mendidih pada suhu 0,0099 °C. Garis BC ini kemudian dikenal sebagai garis didih. Adapun garis BD disebut garis beku, yang mana setiap titik pada garis tersebut menunjukkan kondisi (P dan T) air dapat membeku. Pada tekanan 760 mmHg (1 atm) air membeku pada suhu 0 °C, sedangkan pada tekanan 4,58 mmHg air membeku pada suhu 0,0099 °C, jadi pada tekanan 4,58 mmHg air memiliki titik beku dan titik didih pada suhu yang sama yaitu 0,0099 °C. Perhatikan titik B, perpotongan antara garis didih dan garis beku. Pada titik ini, tiga fase yaitu padat, cair, dan gas berada pada kesetimbangan. Titik perpotongan ini kemudian dikenal sebagai titik tripel.

Titik Didih (Tb)

Pengertian titik didih adalah di mana suhu pada saat tekanan uap jenuh cairan sama dengan tekanan luarnya (tekanan pada permukaan cairan) disebut dengan titik didih. Jika tekanan uap sama dengan tekanan luar, maka gelembung uap yang terbentuk dalam cairan dapat mendorong diri ke permukaan menuju fase gas. Di permukaan air laut dengan tekanan 760 mmHg, air mendidih pada suhu 100 °C. Bagaimana jika air dididihkan di tempat paling tinggi seperti di puncak Everest? Apakah titik didihnya sama dengan air yang dididihkan di daerah permukaan air laut? Tentunya tidak sama, di puncak Everest yang merupakan tempat tertinggi di dunia, air mendidih pada suhu 71 °C. Titik didih yang diukur pada tekanan 760 mmHg (1 atm) disebut titik didih normal (titik didih pada 760 mmHg). Titik didih normal air adalah 100 °C.
Anda baru saja membaca artikel dengan judul: "Diagram P-T dan Pengertian Titik Didih Larutan ". Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Tolong kritik dan sarannya yang membangun agar blog ini menjadi lebih baik. Punya artikel tentang “Mafia”, artikel tentang Aplikasi “Mafia” dalam kehidupan sehari-hari, soal-soal “Mafia”, Tips dan Trik mengerjakan Soal-Soal “Mafia”, Puisi “Mafia”, Pantun “Mafia”, atau yang lainnnya tentang “Mafia”? Jika ingin karyamu kami terbitkan di blog ini silahkan kunjungi halaman berikut ini untuk “Mengirim Kreatifitas Anda
Posted by: Luh Gede 8:50 AM

No comments:

Post a Comment