Pengertian Pangkat Nol

Sebelumnya Anda sudah mempelajari sifat bilangan rasional berpangkat bilangan bulat positif dan negatif, yaitu am/an = am–n, dengan a bilangan rasional, m dan n adalah bilangan bulat, m ≠ 0, n ≠ 0, serta m ≠ n. Sekarang, amati sifat tersebut untuk m = n. Sebagai contoh, a5/a5 = a5–5 = a0 ... (1)

Dengan cara menuliskan ke dalam bentuk faktor-faktornya, pembagian tersebut dapat dituliskan sebagai berikut.
a5/a5 = (a x a x a x a x a)/( a x a x a x a x a) = 1 ... (2)

Berdasarkan (1) dan (2) dapat disimpulkan bahwa a0 = 1.

Uraian tersebut memenuhi konsep bilangan berpangkat nol seperti definisi berikut. a0 = 1, dengan a bilangan rasional dan a ≠ 0. Jadi, berapapun bilangan itu kalau dipangkatkan dengan bilangan nol maka hasilnya akan satu, kecuali bilangan nol dipangkatkan nol.
 

Demikian postingan Mafia Online tentang pengertian pangkat nol. Mohon maaf jika ada kata atau penjelasan yang salah dalam postingan di atas. Tolong kritik dan sarannya yang membangun agar blog ini menjadi lebih baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Pangkat Nol"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.