Pengertian Pangkat Nol

Sebelumnya Anda sudah mempelajari sifat bilangan rasional berpangkat bilangan bulat positif dan negatif, yaitu am/an = am–n, dengan a bilangan rasional, m dan n adalah bilangan bulat, m ≠ 0, n ≠ 0, serta m ≠ n. Sekarang, amati sifat tersebut untuk m = n. Sebagai contoh, a5/a5 = a5–5 = a0 ... (1)

Dengan cara menuliskan ke dalam bentuk faktor-faktornya, pembagian tersebut dapat dituliskan sebagai berikut.
a5/a5 = (a x a x a x a x a)/( a x a x a x a x a) = 1 ... (2)

Berdasarkan (1) dan (2) dapat disimpulkan bahwa a0 = 1.

Uraian tersebut memenuhi konsep bilangan berpangkat nol seperti definisi berikut. a0 = 1, dengan a bilangan rasional dan a ≠ 0. Jadi, berapapun bilangan itu kalau dipangkatkan dengan bilangan nol maka hasilnya akan satu, kecuali bilangan nol dipangkatkan nol.
 

Demikian postingan Mafia Online tentang pengertian pangkat nol. Mohon maaf jika ada kata atau penjelasan yang salah dalam postingan di atas. Tolong kritik dan sarannya yang membangun agar blog ini menjadi lebih baik.
Tolong share artikel ini ke: Facebook Twitter Google+
Anda baru saja membaca artikel dengan judul: "Pengertian Pangkat Nol". Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Tolong kritik dan sarannya yang membangun agar blog ini menjadi lebih baik. Punya artikel tentang “Mafia”, artikel tentang Aplikasi “Mafia” dalam kehidupan sehari-hari, soal-soal “Mafia”, Tips dan Trik mengerjakan Soal-Soal “Mafia”, Puisi “Mafia”, Pantun “Mafia”, atau yang lainnnya tentang “Mafia”? Jika ingin karyamu kami terbitkan di blog ini silahkan kunjungi halaman berikut ini untuk “Mengirim Kreatifitas Anda
Posted by: Hidayanti 3:52 AM

No comments:

Post a Comment