Membaca Diagram Venn

Dalam membaca diagram Venn, perhatikan himpunan semesta dan himpunan-himpunan lain yang berada pada diagram Venn tersebut. Anggota-anggota himpunan tertentu berada pada kurva yang dibatasi oleh himpunan tersebut. Agar kalian lebih memahami cara membaca diagram Venn, perhatikan contoh soal berikut ini.

Contoh Soal Tentang Membaca Diagram Venn


Berdasarkan diagram Venn di atas, nyatakan himpunan-himpunan berikut dengan mendaftar anggota-anggotanya.
a. Himpunan S.
b. Himpunan P.
c. Himpunan Q.
d. Anggota himpunan P  Q.
e. Anggota himpunan P  Q.
f. Anggota himpunan P\Q.
g. Anggota himpunan PC.

Penyelesaian:
a. Himpunan S adalah himpunan semesta atau semesta pembicaraan. Himpunan S memuat semua anggota atau objek himpunan yang dibicarakan, sehingga S = {1, 2, 3, 4, ..., 20}.

b. Himpunan P adalah semua anggota himpunan S yang menjadi anggota himpunan P. Dalam diagram Venn, anggota himpunan P berada pada kurva yang dibatasi oleh P. Jadi, P = {1, 3, 6, 9, 12, 15, 18}

c. Himpunan Q adalah semua anggota himpunan S yang menjadi anggota himpunan Q. Dalam diagram Venn, anggota himpunan Q berada pada kurva yang dibatasi oleh Q. Jadi, Q = {3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}.

d. Anggota himpunan P  Q adalah anggota himpunan P dan sekaligus menjadi anggota himpunan Q = {3, 6, 9}.

e. Anggota himpunan P  Q adalah semua anggota himpunan P maupun himpunan Q = {1, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 12, 15, 18}.

f. Anggota himpunan P\Q adalah semua anggota P tetapi bukan anggota Q, sehingga P\Q = {1, 12, 15, 18}.

g. Anggota himpunan PC adalah semua anggota S tetapi bukan anggota P, sehingga PC = {2, 4, 5, 7, 8, 10, 11, 13, 14, 16, 17, 19, 20}.

Postingan di atas merupakan cara membaca diagram venn. Sekarang masalahnya, bagiamana cara menyajikan operasi himpunan ke dalam diagram venn?

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Membaca Diagram Venn"

  1. Brilliannissa Zulfa KurniawatiJanuary 16, 2014 at 6:28 PM

    "Alhamdulillah karena, saya mambaca artikel ini saya jadi mengerti trims ya buat artikelnya ,saya sempet ketinggalan belajar disekolah 3hari karna nggak berangkat karna ijin tdk sekolah ,saya tak tau apa-apa soal himpunan karna membaca artikel ini saya jadi bisa"

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.