Cara Kerja Pompa Centrifugal

Pompa air menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari barang yang digunakan sehari-hari. Baik untuk kebutuhan keluarga hingga industri, pompa mempunyai fungsi yang penting. Salah satu jenis pompa yang penting dikenali adalah pompa centrifugal. Jenis ini merupakan pompa yang mempunyai kelebihan dengan mudah dioperasikan. Selain itu juga mempunyai pemeliharaan yang mudah dan murah, digunakan untuk menarik air dan mengisi dengan air, dan digunakan untuk kebutuhan industri untuk kebutuhan sehari-hari.

Pompa Sentrifugal
Img by: www.winstonengineering.com


Berbagai keunggulan pompa air centrifugal secara lengkap tersebut yaitu:

  • Pompa ini mempunyai prinsip kerja yang sederhana dan mudah dioperasikan.
  • Pompa ini mempunyai banyak jenis sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Pompa ini mempunyai sistem konstruksi yang kuat.
  • Pompa ini mempunyai kapasitas yang beragam sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan output debit air.
  • Pompa ini mempunyai poros motor yang digerakkan langsung dari pompa.
  • Pompa ini mempunyai volume pompa yang sama dengan pompa displacement.
  • Pompa ini mempunyai harga yang terjangkau.
  • Pompa ini mempunyai bagian yang tidak terlalu banyak sehingga membuat perawatannya yang mudah.
  • Pompa ini mempunyai tidak membutuhkan tempat yang luas.
  • Pompa ini mempunyai jalan yang tenang dan stabil.
  • Pompa ini mempunyai aliran zat cair yang tidak mudah putus dan bisa memproses zat cair.

 

Pompa sentrifugal ini mempunyai pompa dengan elemen utamanya motor penggerak yang bergerak dengan kecepatan tinggi. Prinsip kerjanya pompa ini sendiri mengubah energi mekanis menjadi energi kinetis. Fluida diarahkan ke menggunakan tekanan menggunakan impeller yang ada di casing yang dihubungkan dengan custion dan discharge. Prinsip kerjanya menggunakan motor dengan daya dari motor tersebut memutar impeller di poros. Gaya sentrifugal bisa mengalirkan zat cair yang digerakkan dari saluran antara sudut dan impeller. Penghisapan cat cair impeller dan ruang antara sudut-sudut menjadi tekanan turun hingga zat cair masuk.


Dengan cara kerja tersebut, pompa sentrifugal ini bisa digunakan untuk kebutuhan industri seperti perminyakan, pembangkit listrik, manufaktur, dan lainnya hingga kehidupan sehari-hari. Pompa sentrifugal ini bisa didapatkan dengan banyak merek dan spesifikasi sesuai kebutuhan di Winston Engineering.

TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Cara Kerja Pompa Centrifugal"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.