Mengenal Besi Siku Serta Fungsinya

Pernahkah kamu mendengar atau mengenal sudut siku-siku? Ya, sudut yang besarnya tepat 90° disebut sudut siku-siku. Kata siku tidak hanya di dunia matematika atau sains. Bagi yang sudah sering berhubungan dengan dunia konstruksi tentunya tidak asing lagi dengan istilah besi siku. Besi siku adalah sebuah besi semi kotak yang berbentuk tegak lurus sehingga membentuk sudut 90 derajat.

Mengenal Besi Siku Serta Fungsinya
Besi siku
Img by: bajautamasteel.com


Dimana memang besi yang satu ini cukup sering digunakan dalam hal pembangunan. Bahkan batang besi yang satu ini pada dasarnya termasuk sebagai salah satu material penting. Bahkan seiring dengan berkembangnya waktu pemakaian dari besi yang satu ini juga terus mengalami peningkatan, entah itu untuk pembangunan dalam skala yang besar seperti rumah atau bahkan gedung-gedung tinggi atau perkantoran.

Lalu sebenarnya apa kegunaan atau fungsi besi tersebut? berikut yang harus Anda ketahui:

  1. Digunakan sebagai rak besi maupun rak gantung, tak hanya untuk pembangunan rumah saja, bahkan ia juga banyak digunakan sebagai furniture penunjang estetika di rumah, termasuk banyak dipakai dalam membuat rak besi ataupun rak gantung. Karena material yang satu ini memang lebih kokoh, sehingga dianggap mampu untuk menopang berat.
  2. Dijadikan sebagai rangka pintu, jendela hingga pagar. Material tersebut juga kerab dipakai sebagai bahan untuk rangka, diantaranya adalah rangka pada pintu, pagar sampai dengan jendela. Karena dibuat dari bahan baja yang berkualitas maka akan lebih tahan terhadap resiko rayap. Selain itu pada hasil akhir akan memberikan desain atau detail yang cukup unik.
  3. Dipakai sebagai konstruksi tangga, besi ini punya sudut 90 derajat, termasuk rancangannya yang sangat kokoh, sehingga untuk menopang bobot yang berat juga tetap kokoh, sehingga aman juga dipakai sebagai konstruksi untuk pembuatan tangga.
  4. Dijadikan sebagai struktur untuk tangki air, bahkan untuk pembuatan rangka atau struktur tangki air di rumah, juga cocok memakai besi ini, karena kokoh sehingga akan menjaga tangki tersebut agar tetap stabil.

Banyak bukan fungsinya, harga besi siku ini juga berbeda-beda tergantung pada kualitasnya. Namun jika Anda menghendaki produk terbaik maka belilah yang sudah berstandar SNI, diantaranya adalah yang dijual pada Baja Utama Steel, sehingga Anda dapat menemukan beragam jenis produk besi maupun baja disini, kualitasnya tidak kaleng-kaleng. Bahkan banyak toko bangunan yang menjadikannya sebagai supplier mereka.

TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Mengenal Besi Siku Serta Fungsinya"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.