website statistics Cara Menghitung Persentase Keuntungan Jual Beli Mobil

Cara Menghitung Persentase Keuntungan Jual Beli Mobil

Dalam transaksi jual beli ada tiga kemungkinan yang terjadi yakni untung, rugi dan impas. Dikatakan untung jika harga jual lebih besar daripada harga beli, sedangkan jika harga jual lebih kecil dari harga beli keadaan itu dikatakan mengalami kerugian (rugi). Jika harga jual sama dengan harga beli itu mengalami impas (tidak untung juga tidak rugi). Bagaimana cara menghitung persentase keuntungan dari transaksi jual beli?

 

Persentase keuntungan dapat ditentukan dengan cara "harga keuntungan dibagi dengan harga pembelian kemudian dikalikan dengan 100 persen". Untuk memantapkan pemahaman tentang cara mencari persentase keuntungan, silahkan simak contoh soal di bawah ini.

 

Contoh Soal

Pak Iwan membeli mobil Toyota Yaris bekas di situs www.seva.id dengan harga Rp175.000.000. Kemudian mobil tersebut dijual dengan harga Rp178.500.000. Tentukan persentase keuntungan yang didapatkan oleh Pak Iwan.

Cara Menghitung Persentase Keuntungan Jual Beli Mobil
Pict by: Seva.Id


Penyelesaian:

Dari soal tersebut diketahui:

Harga beli (HB) = Rp175.000.000

Harga jual (HJ) = Rp178.500.000

 

Keuntungan (U) dari transaksi tersebut yakni:

U = HJ-HB

U = Rp178.500.000 - Rp175.000.000

U = Rp3.500.000

 

Persentase Keuntungan (PU) yakni:

PU = (U/HB) x 100%

PU = (Rp3.500.000/Rp175.000.000)x100%

PU = 0,02 x 100%

PU = 2%

Jadi keuntungan yang didapatkan oleh Pak Iwan yakni sebesar 2%.

 

Demikian cara menghitung persentase keuntungan jual beli mobil. Jika masih ada kendala dalam memahami materi ini silahkan tanyakan di kolom komentar.

 

Mengenai jual beli mobil, di www.seva.id tidak hanya tempat membeli mobil bekas lho, sebagai layanan otomotif yang terpercaya di Indonesia, seva.id juga tempat membeli mobil baru dari berbagai merek mobil. Bahkan di situs ini juga kamu bisa menjual mobil kamu sendiri, keren bukan?

 

Di situs www.seva.id konsumen bisa membeli mobil dengan menyesuaikan budget yang dimilikinya. Misalnya kamu memiliki uang 100 juta dan ingin membeli sebuah mobil Brio Bekas. Di bagian kategori pilih bagian Beli Mobil, lalu pilih Mobil Bekas, kemudian pada bagian merek pilih Honda. Di bagian Fillter, cari bagian harga. Untuk harga minimun isi 0 (nol) sedangkan pada bagian harga maksimum isi 100.000.0000. Pada bagian model kasih centang Brio. Nanti akan ditampilkan list harga Brio bekas mulai dari harga 100 juta ke bawah, seperti gambar di bawah ini.

 

seva id layanan otomotif terpercaya di indonesia
Pict by: Seva.Id

Semoga ini dapat membantu Anda yang ingin membeli atau menjual mobil dengan harga yang kompetitif.

TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Cara Menghitung Persentase Keuntungan Jual Beli Mobil"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.