Penerapan Gaya Sentripetal Pada Mobil Bergerak Menikung

Pada saat mobil melaju pada sebuah tikungan, maka mobil akan melakukan gerak melingkar. Hal itu menyebabkan timbulnya gaya sentripetal yang menuju pusat kelengkungan jalan. Dalam hal ini, gaya sentripetal yang arahnya menuju pusat kelengkungan diwakili oleh gaya gesekan statis roda mobil agar tidak slip pada waktu berputar.
Penerapan Gaya Sentripetal Pada Mobil Bergerak Menikung

Adapun kelajuan maksimum mobil agar mobil tidak selip dapat ditentukan dengan menggunakan konsep gaya sentripetal (Fs) dan gaya gesekan statis (fs)yang dapat dijabarkan sebagai berikut.
Fs = fs
mv2/R = μs.N
mv2/R = μs.m.g
v2/R = μs.g
v2 = μsgR

dengan:
v = kelajuan maksimum (m/s)
μs = koefisien gesekan statis
g = percepatan gravitasi (m/s2)

Untuk memantapkan pemahaman kamu tentang penerapan gaya sentripetal pada mobil yang bergerak menikung, silahkan simak contoh soal di bawah ini.

Contoh Soal
Sebuah mobil bergerak menikung dengan jari-jari tikungan 40 m (koefesien gesek statis 0,7). Tentukan kelajuan maksimum mobil tersebut saat menikung.

Penyelesaian:
R = 40 m
μs = 0,7
g = 10 m/s2

Kelajuan maksimum mobil saat menikung dapat dicari dengan persamaan:
v2 = μsgR
v2 = (0,7)(10 m/s2)(40 m)
v2 = 280 m2/s2
v = √(280 m2/s2)
v = 16,7 m/s

Jadi, besar Kelajuan maksimum mobil saat menikung adalah 16,7 m/s

Demikian pembahasan penerapan gaya sentripetal pada mobil bergerak menikung. Mohon maaf bila ada kata atau perhitungan yang salah dalam postingan ini. Jika ada permasalahan dalam memahami materi ini silahkan tanyakan pada kolom komentar. Kita pasti bisa.
TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Penerapan Gaya Sentripetal Pada Mobil Bergerak Menikung "

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.