website statistics Pemuaian Volume Gas Pada Suhu Tetap

Pemuaian Volume Gas Pada Suhu Tetap

Iklan
Iklan
Untuk jumlah gas tertentu, berdasarkan hasil eksperimen yang dilakukan oleh ilmuwan fisika yang bernama Robert Boyle (1627 - 1691) didapatkan bahwa volume gas berbanding terbalik dengan tekanan yang diberikan pada gas tersebut ketika suhu dijaga konstan, yaitu:

V ≈ (1/P)

dengan P adalah tekanan absolut (tekanan yang dipengaruhi oleh besarnya tekanan udara luar atau tekanan yang terukur ditambah dengan tekanan luar). Jika tekanan gas digandakan menjadi dua kali semula, volume diperkecil sampai setengah nilai awalnya. Karena ini merupakan hasil eksperimen Robert Boyle maka hubungan ini dikenal sebagai Hukum Boyle. Grafik tekanan (P ) terhadap volume gas (V ) untuk suhu tetap tampak seperti pada gambar di bawah ini.
Pemuaian Volume Gas Pada Suhu Tetap
Grafik P terhadap V dengan T tetap

Hukum Boyle juga dapat dituliskan:

PV = konstan
atau
P1V1 = P2V2

dengan:
P1 = tekanan gas awal (Pa)
P2 = tekanan gas akhir (Pa)
V1 = volume gas awal (m3)
V2 = volume gas akhir (m3)

Persamaan PV = konstan, menunjukkan bahwa pada suhu tetap, jika tekanan gas dibiarkan berubah maka volume gas juga berubah atau sebaliknya, sehingga hasil kali PV tetap konstan.

Untuk memantapkan pemahaman Anda tentang pemuaian volume gas pada suhu tetap, silahkan simak dan pahami contoh soal di bawah ini.

Contoh Soal 1
Sejumlah gas dalam ruang tertutup pada saat volumnya 40 dm3, tekanannya 2 atm. Jika gas ditekan secara perlahan-lahan sehingga volumnya menjadi 25 dm3 tanpa mengalami perubahan suhu, maka berapakah tekanan gas yang terjadi?

Penyelesaian:
Diketahui:
V1 = 40 dm3
P1 = 2 atm
V2 = 25 dm3

Ditanyakan: P2 = ?

Jawab:
P1V1 = P2V2
2 atm. 40 dm3 = P2.25 dm3
P2 = (2 atm. 40 dm3)/25 dm3
P2 = 3,2 atm

Contoh Soal 2
Gas dalam ruang tertutup mempunyai tekanan 1 cmHg. Jika kemudian gas tersebut ditekan pada suhu tetap sehingga volum gas menjadi ¼ volum mula-mula, berapa tekanan gas yang terjadi?

Penyelesaian:
Diketahui:
P1 = 1 cmHg
V2 = ¼.V1

Ditanyakan: P2 = ?

Jawab:
P1V1 = P2V2
1 cmHg.V1 = P2. ¼.V1
P2 = 1 cmHg/¼
P2 = 1 cmHg × 4
P2 = 4 cmHg


Nah demikian materi tentang pemuaian volume gas pada suhu tetap, jika ada permasalahan atau kendala dalam memahami materi ini, silahkan tanyakan pada kolom kometar. Kita pasti bisa.
Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemuaian Volume Gas Pada Suhu Tetap"