website statistics Pengertian Fluida Dalam Fisika

Pengertian Fluida Dalam Fisika

Iklan
Iklan
Waktu duduk di bangku SD dan SMP, sudah mempelajari tentang wujud zat. Secara umum wujud zat dibedakan menjadi tiga jenis yakni zat padat, zat cair, dan zat gas. Jika dilihat dari bentuk dan ukurannya, zat padat memiliki bentuk dan volume yang tetap. Contohnya batu, di manapun batu diletakan maka bentuk dan volumenya tidak akan berubah. Zat cair memiliki volume tetap, tetapi bentuknya bisa berubah sesuai wadahnya. Contoh zat cair yakni air. Jika air diletakan pada gelas maka air tersebut akan berbentuk gelas, namun volumenya tidak berkurang maupun bertambah. Sedangkan, zat gas tidak memiliki bentuk maupun volume yang tetap.
Pengertian Fluida Dalam Fisika
Air laut meruakan contoh zat cair
img: pixabay

Dari ketiga wujud zat tersebut hanya zat cair dan zat gas yang tidak memiliki bentuk yang tetap dan kedua zat tersebut dapat mengalir. Zat yang dapat mengalir dan memberikan sedikit hambatan terhadap perubahan bentuk ketika diberikan tekanan disebut fluida. Sehingga fluida sering disebut juga sebagai zat alir.

Jika dilihat dari pergerakannya, fluida dibedakan menjadi dua jenis yakni fluida statik (hidrostatika) dan fluida dinamik (hidrodinamika). Fluida statik adalah fluida yang tidak bergerak. Contoh fluida statik misalnya air di dalam gelas, air di kolam renang, dan air dalam ember. Sedangkan fluida dinamis adalah fluida yang bergerak. Contoh fluida dinamis misalnya air mancur, air yang mengalir dalam pipa, dan air mengalir dalam selang palstik.

Dalam fluida statis kita akan membahas konsep gaya tekan ke atas, tegangan permukaan, kapilaritas, dan viskositas. Sementara itu, dalam fluida dinamis kita akan membahas persamaan dan hukum dasar fluida bergerak dan penerapannya.

Berdasarkan sifat-sifat yang dimilikinya, fluida dibedakan menjadi dua jenis yakni fluida ideal dan fluida sejati. Fluida ideal adalah fluida yang memiliki sifat tidak kompresibel (volumenya tidak berubah karena perubahan tekanan) dan dapat berpindah tanpa mengalami gesekan (viskositasnya nol). Sedangkan, fluida sejati merupakan fluida yang memiliki sifat kompresibel dan berpindah dengan mengalami gesekan (viskositasnya tertentu).
Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Fluida Dalam Fisika"