Posisi Sudut Pada Gerak Melingkar

Pada gerak melingkar kita akan mengenal besaran yang namanya posisi sudut. Posisi sudut dinotasikan dengan θ (baca: tetta). Untuk lebih memahami tentang posisi sudut, silahkan perhatikan gambar di bawah ini.
Posisi Sudut Pada Gerak Melingkar

Gambar di atas digambarkan sebuah titik P yang berputar terhadap sumbu yang tegak lurus terhadap bidang gambar melalui titik O. Titik P bergerak dari A ke B dalam selang waktu t. Posisi titik P dapat dilihat dari besarnya sudut yang ditempuh, yaitu θ yang dibentuk oleh garis AB terhadap sumbu x yang melalui titik O. Posisi sudut θ diberi satuan radian (rad).

Jika θ adalah sudut pusat lingkaran yang panjang busurnya s dan jari-jarinya R, diperoleh hubungan:
θ = s/R
dengan:
θ = posisi sudut (rad)
s = busur lintasan (m)
R = jari-jari (m)

Berdasarkan definisi posisi sudut (θ) di atas, maka didapatkan bahwa sudut 1 radian adalah sudut pusat lingkaran dengan panjang busur lingkaran sama dengan jari-jari lingkaran. Besar sudut satu putaran adalah 360° = 2π radian, maka:
2π radian = 360°
1 radian = 360°/2π
1 radian = 180°/π
1 radian = 180°/(3,14)
1 radian = 57,32°
Jadi dapat disimpulkan bahwa 1 radian sama dengan 57,32°

Contoh Soal
Sebuah benda bergerak melingkar dengan jari-jari lingkaran yang dibentuknya 50 cm. Tentukan posisi sudut dalam satuan rad dan derajat jika benda tersebut menempuh lintasan dengan panjang busur 4 cm.

Penyelesaian:
θ = s/R
θ = 4 cm/50 cm
θ = 0,08 rad
θ = (0,08)(57,32°)
θ = 4,6°

Demikian pembahasan posisi sudut pada gerak melingkar. Jika ada permasalahan dalam memahami materi ini silahkan tanyakan pada kolom komentar. Kita pasti bisa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Posisi Sudut Pada Gerak Melingkar"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.