Cara Menyajikan Suatu Relasi


Sebelumnya Mafia Online sudah membahas tentang pengertian relasi dan contoh soalnya. Sekarang Mafia Online akan membahas tentang cara menyajikan suatu relasi. Bagaimana menyajikan suatu relasi? Ada berapa cara penyajian suatu relasi?

Suatu relasi dapat disajikan dengan tiga cara yakni dengan diagram panah, diagram Cartesius, dan himpunan pasangan berurutan. Untuk memahami ketiga cara tersebut, sekarang coba perhatikan ilustrasi berikut ini. "Sekelompok siswa yang terdiri dari enam siswa, yaitu Eka, Budi, Bayu, Ayu, Dwi, dan Satriani. Mereka memiliki hobi berolahraga. Eka suka bermain voli, Budi suka bermain sepak bola dan catur, Bayu suka bermain sepak bola, Ayu suka bermain bulu tangkis dan tenis meja, Dwi suka bermain sepak takraw, dan Satriani suka bermain bulu tangkis dan renang".

Misalkan A = {Eka, Budi, Bayu, Ayu, Dwi, dan Satriani}, B = {voli, sepak bola, catur, bulu tangkis, tenis meja, sepak takraw, renang}, dan “olahraga yang disukai” adalah relasi yang menghubungkan himpunan A ke himpunan B.
a. Dengan diagram panah
Relasi pada ilustrasi di atas dapat dinyatakan dengan diagram panah, seperti gambar di bawah ini.
Gambar di atas menunjukkan relasi olahraga yang disukai dari himpunan A ke himpunan B. Arah panah menunjukkan anggota-anggota himpunan A yang berelasi dengan anggota-anggota tertentu pada himpunan B.

b. Dengan diagram Cartesius
Masih ingatkah Anda pengertian diagram Cartesius? Relasi antara himpunan A dan B dapat dinyatakan dengan diagram Cartesius. Anggota-anggota himpunan A berada pada sumbu mendatar dan anggota-anggota himpunan B berada pada sumbu tegak. Setiap pasangan anggota himpunan A yang berelasi dengan anggota himpunan B dinyatakan dengan titik atau noktah. Gambar di bawah ini menunjukkan diagram Cartesius dari relasi olahraga yang disukai berdasarkan ilustrasi di atas.
c. Dengan himpunan pasangan berurutan
Himpunan pasangan berurutan berdasarkan ilustrasi di atas adalah sebagai berikut. {(Eka, voli), (Budi, sepak bola), (Budi, catur), (Bayu, sepak bola), (Ayu, bulu tangkis), (Ayu, tenis meja), (Dwi, sepak takraw), (Satriani, bulu tangkis), (Satriani, renang)}.

Demikian postingan Mafia Online tentang cara penyajian suatu relasi. Mohon maaf jika ada kata-kata atau perhitungan yang salah dalam postingan di atas. Jika ada permasalahan mengenai pembahasan di atas silahkan tanyakan di kolom komentar. Salam Mafia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menyajikan Suatu Relasi"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.