website statistics Satuan Tidak Standar dan Konversi Satuan

Satuan Tidak Standar dan Konversi Satuan

Kita mengenal istilah satuan baku, satuan non baku dan satuan standar internasional atau sering disebut sebagai satuan sistem internasional. Selain itu kita akan mengenal satuan tidak standar. Apa bedanya satuan yang ini? Apakah sama dengan satuan non baku?

Satuan tidak standar merupakan satuan yang berlaku di wilayah tertentu tetapi dapat diterima oleh negara-negara lain di seluruh dunia karena nilainya tidak berubah. Misalnya kita sering mendengar istilah ukuran TV dengan panjang satuannya menggunakan inci. Contoh lain lagi, sering kita jumpai untuk satuan massa benda dengan menggunakan satuan ton, 1 karung beras massanya 1,5 ton. Satuan inci dan ton merupakan satuan tidak standar tetapi masih bisa digunakan di negara-negara lain.

Satuan tidak standar seperti ini perlu dikonversi ke satuan standar sehingga satuannya konsisten. Konversi satuan dilakukan dengan menyisipkan faktor konversi yang cocok yang membuat satuan lain ditiadakan, kecuali satuan yang kita kehendaki. Faktor konversi merupakan perbandingan dua satuan besaran sehingga sama dengan satu. Berikut ini beberapa contoh konversi satuan untuk besaran panjang:
1 inci = 2,54 cm
1 sentimeter (cm) = 0,394 inci
1 meter (m) = 3,28 ft
1 kilometer (km) = 0,621 mil
1 yard (yd) = 3 ft

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Satuan Tidak Standar dan Konversi Satuan"