Aplikasi Hukum I Kirchhoff

Hukum Kirchhoff pertama atau Hukum Pertama Kirchhoff sudah anda pelajari sejak duduk di bangku SMP. Pada postingan kali kembali Mafia Online mengulas tentang Hukum I Kirchhoff. Kenapa kembali mengulas tentang Hukum I Kirchhoff?

Alasan Mafia Online kembali mengulas tentang Hukum I Kirchhoff karena pada Materi di SMA akan kembali membahas konsep Hukum I Kirchhoff dan sangat erat sekali kaitannya dengan pembahasan rangkaian resisitor yang disusun secara seri dan pararel. Tanpa konsep Hukum I Kirchhoff anda tidak akan bisa memecahkan atau menurunkan rumus pengganti dari rangkaian resistor yang disusun secara seri maupun pararel.

Hukum I Kirchoff berbunyi “Jumlah kuat arus listrik yang masuk titik percabangan sama dengan jumlah kuat arus listrik yang meninggalkan titik percabangan”. Kita ketahui bahwa kuat arus merupakan sejumlah muatan yang mengalir pada suatu penghantar dalam selang waktu tertentu. Dari definisi kuat arus listrik maka muatan listrik yang mengalir melalui rangkaian listrik bersifat kekal artinya muatan listrik yang mengalir ke titik percabangan dalam suatu rangkaian besarnya sama dengan muatan listrik yang keluar dari titik percabangan itu.

 hukum kirchhoff I

Perhatikan rangkaian di atas. Muatan Q1, Q2 dan Q5 menuju titik percabangan P dan muatan Q3 dan Q4 keluar dari titik percabangan P. Secara umum muatan listrik bersifat kekal, maka jumlah muatan listrik yang masuk percabangan P sama dengan jumlah muatan listrik yang keluar dari titik percabangan P. Dalam hal ini berlaku persamaan:

 

Jika muatan mengalir selama selang waktu t, kuat arus yang terjadi:



Nah itu merupakan penjelasan menegnai hukum kirchhoff yang pertama. Lalu, bagaimanakah penerapan Hukum I Kirchoff pada rangkaian listrik?

Hukum I Kirchoff yang membahas kuat arus yang mengalir pada rangkaian listrik dapat diterapkan pada rangkaian listrik tak bercabang (seri) maupun rangkaian listrikbercabang (paralel). Misalnya pada rangkaian resistor yang dirangkai secaraseri maupun dirangkai secara pararel atau pada rangakain resistor campuran (gabungan antara seri dan pararel).

Tolong share artikel ini ke: Facebook Twitter Google+
Anda baru saja membaca artikel dengan judul: "Aplikasi Hukum I Kirchhoff". Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Tolong kritik dan sarannya yang membangun agar blog ini menjadi lebih baik. Punya artikel tentang “Mafia”, artikel tentang Aplikasi “Mafia” dalam kehidupan sehari-hari, soal-soal “Mafia”, Tips dan Trik mengerjakan Soal-Soal “Mafia”, Puisi “Mafia”, Pantun “Mafia”, atau yang lainnnya tentang “Mafia”? Jika ingin karyamu kami terbitkan di blog ini silahkan kunjungi halaman berikut ini untuk “Mengirim Kreatifitas Anda
Posted by: Hidayanti 12:32 AM

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif