Jenis-Jenis Teleskop atau Teropong

Teleskop atau sering disebut juga sebagai teropong merupakan aplikasi dari susunan dua buah lensa atau lebih. Teleskop berfungsi untuk menyelidiki benda yang jaraknya jauh sehingga tampak dengan jelas. Ada beberapa jenis teleskop yang sering digunakan, yakni sebagai berikut.

Teleskop Bintang (Teleskop Bias)
Sama seperti mikroskop, teleskop bintang juga terdiri dari dua lensa cembung sebagai alat optiknya yakni lensa okuler dan lensa objektif. Hanya saja jarak benda berada pada tak hingga (sob = ∞). Sifat bayangan yang dihasilkan oleh teropong bintang yakni maya, terbalik dan diperkecil. Teleskop bintang ini digunakan untuk mengamati benda-benda langit seperti bintang, planet, komet dan lain sebagainya.
Teleskop bintang
Sumber: Wikipedia


Teleskop Bumi
Berbeda dengan teleskop bintang yang digunakan untuk mengamati benda-benda langit, teleskop bumi justru digunakan untuk mengamati benda-benda yang ada di bumi tentunya dengan jarak yang jauh (sob = ∞). Teleskop bumi dilengkapi dengan lensa pembalik (lensa cembung) yang diletakan diantara lensa okuler dan objektif. Bisa dibayangkan kalau teleskop bumi tidak dilengkapi dengan lensa pembalik, semua objek yang diamati akan terbalik. Teleskop bumi sering digunakan oleh tentara untuk menjaga keamanan suatu wilayah dari gangguan atau menyelidiki suatu keadaan wilayah yang jaraknya jauh.

Teleskop prisma
Karena dilengkapi dengan prisma siku-siku maka teleskop seperti ini diberi nama teleskop prisma. Fungsi dari teleskop prisma sama seperti teleskop bumi yakni untuk melihat objek yang jaraknya jauh dipermukaan bumi. Panjang dari teleksop prisma lebih pendek dari teleksop bumi karena tidak dilengkapi lensa pembalik dan diganti dengan prisma, sehingga lebih praktis untuk dibawa ke mana-mana.

Teleskop Panggung (Galilei)
Teropong panggung memiliki fungsi yang sama dengan teropong bumi. Tetapi untuk membalik bayangannya (supaya tegak) digunakan lensa negatif (cekung) pada lensa okuler. Teleskop panggung merupakan hasil modifikasi dari teleskop bumi.

Teleskop Pantul
Disebut teleskop pantul karena teleskop ini dilengkapi dengan cermin datar yang gunanya untuk memantulkan cahaya. Teleskop pantul dilengkapi dengan cermin cekung berukuran besar yang mengarah ke objek yang akan diamati, sehingga cermin cekung disebut dengan cermin objektif. Teleskop pantul juga dilengkapi dengan cermin datar dan lensa positif (cembung) sebagai okulernya.


Demikian postingan dari Mafia Online tentang jenis-jenis teleskop atau teropong. Mohon maaf jika ada kata-kata atau perhitungan yang salah dalam postingan ini. Salam Mafia => Kita pasti bisa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Teleskop atau Teropong "

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.