website statistics Cara Menghitung Fokus Pada Lensa Tipis

Cara Menghitung Fokus Pada Lensa Tipis

Sebelumnya Mafia Online sudah membahas tentang pengertian dan jenis-jenis lensa, cara menggambar pembentukan bayangan pada lensa cembung, dan cara menggambar pembentukan bayangan pada lensa cekung. Pada kesempatan ini Mafia Online akan mengulas tentang cara menghitung jarak fokus lensa tipis yang disertai dengan contoh soalnya.

Secara umum lensa ada dua jenis yakni lensa cembung dan lensa cekung. Begitu juga pada lensa tipis juga ada dua jenis yaitu lensa cembung dan lensa cekung. Lensa tipis merupakan sebuah lensa yang memiliki ketebalan jauh lebih kecil dibandingkan dengan diameter kelengkungannya. Lensa tipis dapat digambarkan dengan sebuah garis. Berikut di bawah ini contoh gambar lensa tipis yang Mafia Online ambil di buku BSE.


Bagaimana cara menghitung jarak fokus pada lensa tipis? Untuk menghitung jarak fokus pada lensa tipis dapat digunakan formula berikut ini.
dengan:
f = jarak fokus lensa
n2 = indeks bias lensa
n1 = indeks bias medium (udara)
R1 = jari-jari kelengkungan 1
R2 = jari-jari kelengkungan 2

Catatan: Untuk lensa cekung jari-jari kelengkungan bertanda negatif dan untuk lensa cembung jari-jari kelengkuan bertanda positif.

Untuk memantapkan pemahaman Anda tentang cara menghitung jarak fokus pada lensa tipis, silahkan perhatikan contoh soal di bawah ini.

Contoh Soal 1
Sebuah lensa tipis dengan indeks bias 1,5 diletakan di udara. Lensa tipis tersebut dibatasi oleh dua permukaan cekung dan cembung seperti gambar di bawah ini.
Jari-jari kelengkungan permukaan cekung 30 cm dan jari-jari kelengkungan permukaan cembung 20 cm. Hitunglah jarak fokus lensa tipis tersebut.

Penyelesaian:
Diketahui:
n1 = 1 (udara)
n2 = 1,5
R1 = – 30 cm
R2 = 20 cm

Ditanyakan:
f = ?

Jawaban:
Dengan menggunakan persamaan di atas maka jarak fokus lensa tipis tersebut dapat dihitung sebagai berikut.
1/f = {(n2/n1) – 1}{1/R1 + 1/R2}
1/f = {(1,5/1) – 1}{1/20 + 1/–30 }
1/f = ½(3/60 – 2/60)
1/f = ½(1/60)
1/f = 1/120
f = 120 cm
Jadi, jarak fokus lensa tipis tersebut adalah 120 cm

Bagaimana cara menghitung jarak bayangan pada lensa tipis? Untuk menghitung jarak bayangan pada lensa tipis dapat menggunakan rumus hubungan antara jarak fokus, jarak benda dan jarak bayangan seperti rumus berikut ini.
Untuk memantapkan pemahaman Anda tentang cara menghitung jarak bayangan pada lensa tipis silahkan perhatikan contoh soal di bawah ini.

Contoh Soal 2
Hitunglah jarak bayangan yang dihasilkan lensa tipis pada Contoh Soal 1 di atas, jika benda diletakan pada jarak 240 cm di depan lensa tipis.

Penyelesaian:
Diketahui:
f = 120 cm
s = 240 cm

Ditanyakan:
s’ = ?

Jawaban:
1/f = 1/s + 1/s’
1/s’ = 1/f – 1/s
1/s’ = 1/120 – 1/240
1/s’ = 2/240 – 1/240
1/s’ = 1/240
s' = 240 cm
Jadi bayangan yang dihasilkan berjarak 240 cm di belakang lensa tipis.


Nah demikian uraian singkat dari Mafia Online tentang cara menghitung jarak fokus dan jarak bayangan pada lensa tipis. Mohon maaf jika ada kata atau perhitungan yang salah dalam postingan ini. Salam Mafia => Kita pasti bisa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghitung Fokus Pada Lensa Tipis"