Aspek-Aspek Dalam Pengukuran

Aspek-aspek dalam pengukuran suatu besaran meliputi kesalahan dalam pengukuran, presisi dan akurasi. Kesalahan dalam pengukuran meliputi kesalahan sistematik dan kesalahan tindakan. Kesalahan sistematik adalah kesalahan yang tetap terjadi. Faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan sistematik sebagai berikut: kesalahan kalibrasi alat dan interaksi alat dengan lingkungan, pada saat membaca skala mata tidak tegak lurus dengan skala yang dibaca, hasil pembacaan mengandung kesalahan paralaks, kondisi percobaan tidak sama dengan kondisi saat alat di kalibrasi, dan teknologi atau langkah percobaan terlalu sederhana, sehingga banyak faktor yang mempengaruhi percobaan tidak terukur

Sedangkan kesalahan tindakan umumnya disebabkan ketidaktelitian peneliti. Misalnya mengukur waktu 10 ayunan, tidak disadari baru 9 ayunan sudah selesai.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aspek-Aspek Dalam Pengukuran"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.