website statistics Macam-Macam/Jenis-Jenis Energi Dalam Fisika

Macam-Macam/Jenis-Jenis Energi Dalam Fisika

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian energi menurut ilmu fisika adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Energi juga dapat didefiniskan sebagai daya (kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan atau kerja.

Macam-Macam/Jenis-Jenis Energi Dalam Fisika
Energi Listrik

Energi yang ada di alam ini dapat memudahkan hidup manusia. Tergantung bagaimana manusia memanfaatkan energi yang ada di alam ini. Terkadang energi bisa digunakan untuk merusak alam. Dalam ilmu fisika ada banyak jenis energi. Berikut admin bagikan beberapa jenis energi yang sering kita dengar atau temui dalam ilmu fisika.

 

1. Energi Potensial Gravitasi

Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh benda karena posisi (ketinggian) benda tersebut. Energi potensial gravitasi bergantung kepada percepatan gravitasi. Energi potensial gravitasi dapat dirumuskan dengan persamaan:

 

Ep = m.g.h

 

Keterangan:

Ep = energi potensial gravitasi (j)

m = massa benda (kg)

g = percepatan gravitasi

h = ketinggian benda (m).

 

2. Energi Potensial Gravitasi Newton

Energi Potensial Gravitasi Newton adalah energi potensial gravitasi antara dua benda angkasa. Energi ini dirumuskan sebagai berikut:

Ep = -G(M.m/r)

 

Keterangan:

Ep = energi potensial gravitasi Newton (joule)

M = massa planet (kg)

m = massa benda (kg)

r = jarak benda ke pusat planet (m)

G = tetapan gravitasi universal = 6,673 x 10-11 N.m2/kg2

 

3. Energi Potensial Elastis

Energi potensial elastis adalah energi yang dimiliki oleh benda-benda yang bersifat elastis. Contoh energi potensial elastis adalah busur panah. Selain busur panah, contoh lain energi potensial elastis adalah pegas. Pegas tersebut bisa mengalami perubahan bentuk karena adanya tekanan atau tarikan. Akibat dari tekanan atau tarikan tersebut akan menimbulkan gaya yang akan berusaha untuk mengembalikan bentuk benda tersebut ke bentuk awalnya. Energi potensial elastis dapat dirumuskan dengan persamaan:

 

Ep = ½ k x2

 

Keterangan:

Ep = energi potensial elastis (J)

k = konstanta benda elastis (N/m)

x = perubahan panjang benda elastis (m)

 

4. Energi Kinetik

Energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda karena geraknya atau berpindah tempat. Jadi, setiap benda yang memiliki kecepatan, maka benda tersebut memiliki energi kinetik. Secara matematis energi kinetik dapat diperoleh dengan menggunakan rumus:

 

Ek =  ½ mv2

 

Keterangan:

Ek = energi kinetik (J)

m = massa benda (kg)

v = kecepatan benda (m/s)

 

5. Energi Potensial Kimia

Energi potensial kimia adalah energi yang tersimpan dalam atom dan ikatan kimia antara mereka. Manusia dan binatang dapat beraktivitas karena memiliki energi yang berasal dari makanan yang dimakan. Di mana makanan yang dimakan tersebut mengandung energi potensial kimia. Nah energi potensial kimia ini dibuah menjadi energi kinetik.

 

6. Energi Listrik

Energi listrik adalah energi yang mampu menggerakkan muatan-muatan listrik pada suatu beda potensial tertentu. Energi untuk memindahkan muatan sebesar Q dari satu titik ke titik lain yang berbeda potensial V memenuhi hubungan berikut.

 

W = Q V

 

Keterangan:

W = Energi listrik (J)

Q = Muatan listrik (C)

V = beda potensial ujung-ujung hambatan (volt)

 

7. Energi Kalor

Kalor merupakan bentuk energi yaitu energi panas. Kalor atau energi kalor adalah energi panas yang berpindah dari benda yang bersuhu lebih tinggi ke benda yang beruhu lebih rendah. Satuan untuk energi kalor adalah kalori (kal). Selain itu, karena kalor merupakan bentuk energi maka dalam sistem SI, kalor memiliki satuan joule. Di mana 1 kal setara dengan 4,2 joule atau 1 joule setara dengan 0,24 kal.

 

8. Energi Gelombang Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik membawa energi dalam bentuk medan listrik dan medan magnet. Kita tinjau suatu gelombang elektromagnetik yang menjalar ke arah sumbu x, maka medan listrik dan medan magnet sesaatnya dapat dinyatakan dengan persamaan berikut.

E = Em sin (kx - ωt)

B = Bm sin (kx - ωt)

 

dengan:

Em = amplitudo medan listrik

Bm = amplitudo medan magnet

k = tetapan angka gelombang

ω = frekuensi sudut

 

9. Energi Radiasi

Energi radiasi adalah energi yang dibawa oleh gelombang elektromagnetik, dapat ditularkan melalui sejumlah media, termasuk cahaya tampak, sinar gamma, gelombang radio, sinar-x, gelombang inframerah dan gelombang ultraviolet.

 

10. Energi Massa (Energi Nuklir)

Energi Nuklir merupakan energi hasil dari sebuah proses kimia yang dikenal dengan reaksi fisi dan reaksi fusi pada sebuah inti atom. Kini energi nuklir menjadi salah satu sumber energi di alam ini yang diketahui manusia yang bisa dimanfaatkan menjadi energi panas dan listrik.

 

11. Energi Atomik

Energi atom adalah energi yang diperoleh dengan peleburan nuklir. Disebut juga tenaga atom.

 

12. Energi Kinetik Molekul

Setiap molekul yang bergerak juga memiliki energi yang disebut dengan energi kinetik molekul. Semakin cepat gerakan suatu molekul, semakin besar energi kinetik yang diubah menjadi energi vibrasi. Teori kinetik molekul gas menyatakan bahwa molekul gas sering bertumbukan satu dengan lainnya.

 

14. Energi Magnetik

Jika suatu benda yang dapat ditarik oleh magnet seperti besi atau baja berada di daerah medan magnet maka magnet akan dengan mudah dapat menggerakkan benda tersebut. Kemampuan menggerakkan benda inilah yang disebut sebagai energi magnetik. Jadi, kejadian tarik-menarik dan tolak-menolak merupakan suatu energi magnetik.

 

15. Energi Termal

Energi termal ialah energi yang memiliki kaitan dengan gerak acak atom dan molekul, dinamai termal karena energi ini dapat diukur melalui suhu (termal). Atom akan bertumbukan secara acak dan akan menaikan termperatur. Hal ini yang menjadi tolok ukur pada energi termal. Volume dan tekanan pada atom juga berpengaruh karena volume dan tekanan berbanding lurus dengan temperatur selaras dengan rumus persamaan gas ideal:

 

PV =nRT

 

Keterangan:

P = tekanan gas

V = volume gas

n = jumlah zat

R = 0,082057

T = suhu atau temperatur

 

16. Energi Mekanik

Energi mekanik adalah hasil jumlah dari energi potensial dan energi kinetis yang hadir di dalam komponen-komponen sistem mekanis. Jadi dapat dikatakan bahwa energi mekanis adalah hasil penjumlahan energi potensial dan energi kinetis. Energi ini diasosiasikan dengan gerak dan posisi dari sebuah objek.

 

Em = Ep + Ek

 

Nah itu macam-macam energi dalam fisika. Jika ada jenis atau macam energi yang lainnya yang belum disebutkan di atas, silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 

 

TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Macam-Macam/Jenis-Jenis Energi Dalam Fisika"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.