Pengertian Angka Penting dan Contohnya

Angka penting adalah semua angka yang diperoleh dari hasil pengukuran. Angka penting terdiri atas angka pasti dan angka ragu-ragu atau taksiran sesuai dengan tingkat ketelitian alat ukur yang digunakan. Ketika Anda mengukur panjang sebuah benda dengan menggunakan mistar yang berskala milimeter, maka Anda harus membaca skala sampai milimeter terdekat. Kemudian, panjang sisa ditaksir sebagai setengah bagian dan satu milimeter.

Misalnya, anda mengukur panjang benda yang tampak bahwa ujung benda terletak di antara angka 15,4 cm dan 15,5 cm. Mungkin anda akan menyatakan bahwa panjang benda yang mendekati kebenaran adalah 15,45 cm. Angka terakhir, yakni angka 5 adalah angka taksiran karena angka tersebut tidak terbaca pada skala mistar. Dengan demikian, angka penting hasil pengukuran panjang benda tersebut yang anda lakukan itu terdiri atas empat angka penting.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pengertian Angka Penting dan Contohnya"

  1. Semoga web kita maju ikut andil mencerdaskan ke hidupan bangsa . Saya minta izin menautkan arahan ke
    Contoh soal fisika - pengukuran
    Perkalian angka penting desimal - dimensi besaran turunan
    Terima kasih semoga blog kita bermanfaat dan senantiasa dianjurkan mesin telusur .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih gan atas apresiasinya. Ya mudah-mudahan seperti itu.

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.