Contoh Soal Cara Mencari Panjang Sisa Kawat

Materi tentang cara mencari panjang sisa kawat dapat anda pelajari pada pembahasan tentang cara menghitung panjang model kerangka balok dan kubus. Untuk membuat model kerangka balok atau kubus kita akan memerlukan kawat dengan panjang tertentu sesuai dengan ukuran yang kita akan buat. Selain balok dan kubus, kita juga bisa membuat model kerangkan prisma dan  limas dengan menggunakan kawat. Tidak hanya model bangun ruang, model bangun datar (segitiga, jajar genjang, persegi, persegi panjang, layang-layang, belah ketupat, lingkaran, dan trapesium) juga bisa kita buat dengan menggunakan kawat. Berapa panjang kawat diperlukan untuk membuat model kerangkan bangun ruang atau bangun datar?

Contoh Soal Cara Mencari Panjang Sisa Kawat
Model kerangka balok

Berikut beberapa contoh soal tetang cara mencari panjang kawat atau sisa kawat untuk membuat model kerangka bangun ruang maupun bangun datar. Silahkan simak contoh soal di bawah ini.

Contoh Soal 1
Sebuah kawat yang panjangnya 6 m akan dibuat kerangka kubus dengan panjang sisi 5 cm. Hitunglah berapa rusuk yang bisa dibuat.

Penyelesaian:
Panjang kawat = 6 m = 600 cm
s = 5 cm

r = 12s
r = 12 . 5 cm
r = 60 cm

banyak kubus = Panjang kawat/r
banyak kubus = 600 cm/60 cm
banyak kubus = 10 buah

Contoh Soal 2
Sebuah kawat yang panjangnya 11 m akan dibuat kerangka bangun datar segitiga sama sisi dan persegi dengan sisi 15 cm yang banyaknya masing-masing 10 buah. Hitunglah sisa kawat yang tidak digunakan.

Penyelesaian:
Untuk menjawab soal ini anda harus paham dengan keiling segitiga sama sisi dan persegi yakni:
KΔ sama sisi = 3s
K persegi = 4s
Maka keliling total = 7s
Panjang kawat yang diperlukan untuk membuat 10 segitiga dan persegi yakni:
r = 10 . 7s
r = 70s
r = 70 . 15 cm
r = 1050 cm = 10,5 m

Sisa kawat = panjang kawat – r
Sisa kawat = 11 m – 10,5 m
Sisa kawat = 0,5 m

Contoh Soal 3
Kawat sepanjang 24 m akan digunakan untuk membuat sebuah kerangka balok dengan panjang 3 m, lebar 15 dm, dan tinggi 140 cm. Hitunglah sisa kawat yang tidak terpakai.

Penyelesaian:
p = 3 m = 300 cm
l = 15 dm = 150 cm
t = 140 cm

r = 4(p + l + t)
r = 4(300 + 150 + 140)
r = 4 . 590
r = 2360 cm
r = 23,60 m

Sisa kawat = panjang kawat – r
Sisa kawat = 24 m – 23,6 m
Sisa kawat = 0,4 m = 40 cm

Demikian poatingan dari Mafia Online tentang contoh soal tentang cara mencari panjang sisa kawat pada model kerangka bangun ruang. Mohon maaf jika ada kata-kata atau perhitungan yang salah dalam postingan ini. Salam Mafia => Kita pasti bisa.
TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Contoh Soal Cara Mencari Panjang Sisa Kawat"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.