website statistics Cara Membuat Agar Benda Dapat Bermuatan Listrik

Cara Membuat Agar Benda Dapat Bermuatan Listrik

Seorang anak yang tanpa sengaja mengosok-gosokan sebuah penggaris yang baru dibelinya ke kulitnya. Setelah didekatkan dengan rambut temannya, ternyata ujung rambut temannya berdiri dan mendekati penggaris. Anak itu pun terheran-heran dan berpikir kenapa ujung rambut temannya berdiri dan mendekati setelah didekatkan dengan sebuah penggaris. Jika Anda mempelajari konsep listrik statis maka Anda sudah bisa menjawab permasalahan tersebut, karena pada penggaris tersebut sudah memiliki muatan listrik.

Tidak semua benda dapat dijadikan bermuatan. Berikut benda-benda yang bisa dijadikan bermuatan dan cara membuatnya sehingga menjadi bermuatan.

Kaca dengan Kain Sutra
Jika kita menggosok-gosokan kaca dengan kain sutra maka elektron-elektron yang ada pada kaca akan berpindah menuju kain sutra, sehingga kaca menjadi kekurangan elektron dan akibatnya kaca akan bermuataan positif. Sementara itu, kain sutra akan mendapat tambahan elektron sehingga menjadi kelebihan elektron dan akibatnya kain sutra akan menjadi bermuatan negatif.

Mistar/Penggaris dengan Rambut
Jika sebuah mistar atau penggaris kita gosok-gosokan pada rambut kering maka elektron-elektron pada rambut akan berpindah ke mistar sehingga mistar akan kelebihan elektron dan akibatnya mistar akan akan bermuatan negatif, sedangkan rambut akan kehilangan elektron karena sudah berpindah ke mistar akibatnya rambut akan kekurangan elektron dan menjadi bermuatan positif.

Sisir dengan Rambut
Kasus ini hampir sama seperti pada penggaris dengan rambut. Jika kita menyisir rambut maka elektron-elektron yang ada pada rambut akan berpindah ke sisir akibatnya sisir akan kelebihan elektron dan bermuatan negatif, sedangkan rambut akan kehilangan elektron karena sudah berpindah ke sisir akibatnya rambut akan kekurangan elektron dan menjadi bermuatan positif.

Balon dengan Kain Wol
Sebuah balon jika kita gosokan dengan kain wol maka balon tersebut akan bermuatan negatif dan kain wol akan bermuatan positif karena elektron yang ada pada kain wol akan berpindah ke balon sehingga balon akan kelebihan elektron dan sebaliknya kain wol akan kekurangan elektron.

Ebonit dengan Kain Wol
Ebonit itu sebangsa karet vulkanisir yang teksturnya keras dan dibuat dari karet yang dicampur dengan belerang atau sulfur, banyak dipakai diperalatan listrik sebagai isolator atau bahan penyekat. Jika ebonit ini digosokan dengan kain wol maka ebonit akan bermuatan negatif dan kain wol akan bermuatan positif karena elektron yang ada di kain wol akan berpindah ke ebonit sehingga kain wol kelebihan elektron dan ebonit kekurangan elektron.
 
Cara Membuat Agar Benda Dapat Bermuatan Listrik
Ebonit
Sumber gambar: www.kaskus.co.id


Jika bahan-bahan di atas dibuatkan tabel maka akan tampak seprti tabel berikut di bawah ini.

Bahan
Hasil
Kaca – Sutra
Kaca (+), Sutra (–)
Mistar – Rambut
Mistar (–), Rambut (+)
Sisir – Rambut
Sisir (–), Rambut (+)
Balon –Wol
Balon (–), Wol (+)
Ebonit –Wol
Ebonit (–), Wol (+)

Demikian postingan Mafia Online tentang benda yang dapat bermuatan listrik dan cara membuat agar benda bermuatan listrik. Postingan berikutnya silahkan baca "cara mengetahui suatu benda bermuatan atau tidak". Mohon maaf jika ada kata yang salah dalam postingan ini. Salam Mafia => Kita pasti bisa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Agar Benda Dapat Bermuatan Listrik"