Cara Menentukan Gradien Garis Sejajar Sumbu X dan Y


Kita ketahui bahwa gradien suatu garis didefinisikan sebagai perbandingan antara komponen y dan komponen x ruas garis yang terletak pada garis tersebut. Dari definisi tersebut kita bisa menentukan gradien suatu garis yang melalui titik pusat (0, 0) dan titik (x, y). Dengan definisi tersebut kita juga bisa menentukan gradien suatu garis yang melalui dua titik yaitu titik (x1, y1) dan titik (x2, y2) tanpa melalui titik pusat. Bagaimana kalau garis tersebut sejajar dengan sumbu X atau Y? Dapatkah Anda tentukan gradien garis tersebut?

Untuk menentukan gradien garis yang sejajar dengan sumbu X, silahkan simak gambar di bawah ini.

Jika garis OA kita putar searah jarum jam sehingga berimpit dengan sumbu X maka diperoleh garis OA’. Titik-titik yang terletak pada garis OA’ memiliki ordinat 0, sehingga gradien garis OA’ yakni perbandingan antara komponen y dan x akan di dapat:
<=> m = komponen y/OA’
<=> m = 0/OA’
<=> m = 0
Jadi, gradien suatu garis yang sejajar sumbu X adalah nol.

Nah sekarang kita akan menentukan gradien suatu garis yang sejajar dengan sumbu Y. Untuk menentukan gradien garis yang sejajar dengan sumbu Y, silahkan simak gambar di bawah ini.
Jika garis OB kita putar berlawanan arah jarum jam sehingga berimpit dengan sumbu Y maka diperoleh garis OB’. Titik-titik yang terletak pada garis OB’ memiliki absis 0, sehingga gradien garis OB’ yakni perbandingan antara komponen y dan x akan di dapat:
<=> m = OB’/komponen x
<=> m = OB’/0
<=> m = tidak didefinisikan
Jadi, gradien suatu garis yang sejajar sumbu Y adalah tidak didefinisikan.

Contoh Soal
Tentukan gradien dari garis-garis berikut.
a. x = 0
b. x = 3
c. x = -5
d. y = -4
e. y = 0
f. y = 6

Penyelesaian:
a. x = 0, berati garis tersebut sejajar dengan sumbu Y maka gradien suatu garis yang sejajar sumbu Y adalah tak terdefinisikan.

b. x = 3, berati garis tersebut sejajar dengan sumbu Y maka gradien suatu garis yang sejajar sumbu Y adalah tak terdefinisikan

c. x = -5, berati garis tersebut sejajar dengan sumbu Y maka gradien suatu garis yang sejajar sumbu Y adalah tak terdefinisikan

d. y = -4, berati garis tersebut sejajar dengan sumbu X maka gradien suatu garis yang sejajar sumbu X adalah nol

e. y = 0, berati garis tersebut sejajar dengan sumbu X maka gradien suatu garis yang sejajar sumbu X adalah nol

f. y = 6, berati garis tersebut sejajar dengan sumbu X maka gradien suatu garis yang sejajar sumbu X adalah nol

Demikian postingan Mafia Online tentang cara menentukan gradien suatu garis yang sejajar dengan sumbu X dan sumbu Y. Mohon maaf jika ada kata-kata atau hitungan yang salah dalam postingan di atas. Salam Mafia.
TOLONG DIBAGIKAN YA :

4 Responses to "Cara Menentukan Gradien Garis Sejajar Sumbu X dan Y"

  1. kalau gradien=0 itu memilki persamaan atau gimana admin mohon ama contohnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau suatu garis memiliki gradien=0 itu artinya garis tersebut tidak memiliki kemiringan atau dapat dikatakan bahwa garis itu tegak lurus (y = 0 dan x = n).jadi, persamaan garis untuk gradien = 0 yakni x = n (n = bil. riil).

      Hapus
    2. Mau nanya itu ruas atau luas ya cuma itu yg aku tanya:v

      Aku cuma bingung saja

      Hapus
    3. Mau nanya itu ruas atau luas?
      Cuma itu yg aku tanya

      Aku cuma bingung saja

      Hapus

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.