website statistics Rumus Keliling dan Luas Bangun Datar

Rumus Keliling dan Luas Bangun Datar

Iklan
Iklan

Sebelum Anda mengetahui rumus keliling dan luas bangun datar, terlebih dahulu Anda harus paham dengan pengertian bangun datar. Apa pengertian bangun datar secara matematika?

Bangun datar atau sering disebut sebagai bangun dua dimensi merupakan bangun datar yang hanya memiliki panjang dan lebar, yang dibatasi oleh garis lurus atau lengkung. Ada beberapa jenis bangun datar yang kita kenal yakni: persegi panjang, persegi, segitiga, jajargenjang, trapseium, belah ketupat, layang-layang dan lingkaran. Untuk gambarnya silahkan lihat gambar di bawah ini.
rumus bangun datar

1. Persegi Panjang
Pengertian persegi panjang adalah bangun datar segi empat yang memiliki dua pasang sisi sejajar dan memiliki empat sudut siku-siku (silahkan baca: pengertian dan sifat-sifat persegi panjang)

Rumus untuk mencari keliling dan luas persegi panjang yakni:
K = 2(p + l)
L = p.l

Untuk mencari bagaimana rumus di atas ditemukan silahkan baca: cara mencari keliling dan luas persegi panjang. Untuk contoh soal tentang keliling dan luas persegi panjang silahkan baca: contoh soal dan pembahasan keliling dan luas persegi panjang.

2. Persegi atau Bujur Sangkar
Pengertian persegi atau bujur sangkar adalah bangun segi empat yang memiliki empat sisi sama panjang dan empat sudut siku-siku (silahkan baca: pengertian dan sifat-sifat persegi).

Rumus untuk mencari keliling dan luas persegi atau bujur sangkar yakni:
K = 4s
L = s2

Untuk mencari bagaimana rumus persegi tersebut ditemukan silahkan baca: cara mencari keliling dan luas persegi. Sedangkan untuk melihat contoh soalnya silahkan baca: contoh soal dan pembahasan keliling dan luas persegi.

3. Segitiga
Pengertian segitiga adalah bangun datar yang dibatasi oleh tiga buah sisi dan mempunyai tiga buah titik sudut (silahkan baca: pengertian dan jenis-jenis segitiga)

Rumus untuk mencari keliling dan luas segitiga yakni:
K = a + b + c.
L = ½ x alas x tinggi
atau
L = ½ x a x t

Bagaimana rumus di atas didapatkan? Silahkan baca: cara mencari keliling dan luas segitiga. Untuk memantapkan pemahaman silahkan baca:

4. Jajargenjang
Pengertian jajargenjang adalah bangun segi empat yang dibentuk dari sebuah segitiga dan bayangannya yang diputar setengah putaran (180°) pada titik tengah salah satu sisinya (silahkan baca: pengertian dan sifat-sifat jajargenjang).

Rumus untuk mencari keliling dan luas jajar genjang yakni:
K = 2(sisi alas + sisi miring)
atau
K = 2(a + b)
L = alas x tinggi
atau
L = a x t

Untuk lebih lengkapnya silahkan baca cara mencari keliling dan luas jajargenjang. Sedangkan untuk contoh soalnya silahkan baca contoh soal dan pembahasan keliling dan luas jajargenjang.

5. Trapseium
Pengertian trapesium adalah bangun segi empat yang mempunyai tepat sepasang sisi yang berhadapan sejajar (silahkan baca: pengertian, jenis dan sifat-sifat trapesium)

Rumus untuk mencari keliling dan luas trapesium yakni:
K = jumlah seluruh sisi trapesium
atau
K = a + b + c + d
L = ½ x jumlah sisi sejajar x tinggi
atau
L = ½ x (a + c) x t

Agar lebih paham bagaimana rumus itu didapatkan silahkan baca cara mencari keliling dan luas trapseium. Sedangkan untuk contoh soalnya silahkan baca contoh soal dan pembahasan keliling dan luas trapesium.

6. Belah Ketupat
Pengertian belah ketupat adalah bangun segi empat yang dibentuk dari gabungan segitiga sama kaki dan bayangannya setelah dicerminkan terhadap alasnya (silahkan baca: pengertian dan sifat-sifat belah ketupat).

Rumus mencari keliling dan luas belah ketupat yakni:
K = 4s
L = ½ x d1 x d2

Untuk lebih paham tentang cara mencari rumus keliling dan luas belah ketupat silahkan baca cara mencari keliling dan luas belah ketupat. Sedangkan untuk contoh soalnya silahkan baca rumus, contoh dan pembahasan soal belah ketupat.

7. Layang-layang
Pengertian layang-layang adalah segi empat yang dibentuk dari gabungan dua buah segitiga sama kaki yang alasnya sama panjang dan berimpit (silahkan baca: pengertian dan sifat-sifat layang-layang).

Rumus untuk mencari keliling dan luas layang-layang yakni:
K = jumlah semua sisinya
atau
K = 2(x + y)
L = ½ x d1 x d2

Bingung dengan rumus di atas? silahkan baca sumbernya: cara mencari keliling dan luas layang-layang. Sedangkan untuk contoh soalnya silahkan baca contoh soal dan pembahasan keliling dan luas layang-layang.

8. Lingkaran
Lingkaran adalah kurva tertutup sederhana yang merupakan tempat kedudukan titik-titik yang berjarak sama terhadap suatu titik tertentu (silahkan baca: pengertian lingkaran).

Rumus untuk mencari keliling dan luas lingkaran yakni:
K = 2πr
atau
K = πd
L = πr2

Untuk menemukan rumus tersebut silahkan baca menemukan pendekatan nilai π (phi), keliling dan luas lingkaran. Sedangkan untuk contoh soalnya silahkan baca:




Kesimpulan**
Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat ditarik kesimpulan tentang keliling dan luas bangun datar yakni rumus keliling dan luas untuk:
1. persegi panjang: K = 2(p+l) dan L = p.l
2. persegi: K = 4s dan L = s2
3. segitiga: K = a + b + c,  dan L = a x t
4. jajar genjang: K = 2(a + b) dan L = a x t
5. trapesium: K = a + b + c + d, dan L = ½ x (a + c) x t
6. belah ketupat: K = 4s dan L = ½ x d1 x d2
7. layang-layang: K = 2(x + y) dan L = ½ x d1 x d2
8. lingkaran: K = 2πr dan L = πr2

Demikianlah rumus keliling dan luas bangun datar. Mohon maaf jika ada kata-kata yang salah dalam postingan di atas. Jika ada permasalahan mengenai pembahasan di atas silahkan tanyakan di kolom komentar. Salam Mafia.
Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumus Keliling dan Luas Bangun Datar"