Cara Menyajikan Suatu Fungsi


Masih ingatkah Anda cara menyajikan suatu relasi? Untuk menyajikan suatu fungsi caranya sama seperti menyajikan suatu relasi, karena fungsi merupakan bentuk khusus dari suatu relasi. Anda harus ingat juga perbedaan relasi dengan fungsi (silahkan baca: pengertian fungsi atau pemetaan). Ada tiga cara dalam menyajikan suatu fungsi yaitu dengan diagram panah, diagram Cartesius, dan himpuan pasangan berurutan.

Untuk menyajikan suatu fungsi Anda harus paham cara menentukan nilai suatu fungsi (Silahkan baca: cara menentukan notasi dan nilai suatu fungsi). Untuk memantapkan pemahaman Anda tentang cara menyajikan suatu fungsi silahkan simak contoh berikut ini. Misalkan P = {0, 2, 4} dan Q = {–3, –2, –1, 0, 1, 2, 3}. Jika fungsi f: P --> Q ditentukan dengan f(x) = x – 2 maka:
f(0) = 0 – 2 = –2
f(2) = 2 – 2 = 0
f(4) = 4 – 2 = 2

Dari soal tersebut diketahui bahwa himpunan P = {0, 2, 4}  merupakan domain (daerah asal), himpunan Q = {–3, –2, –1, 0, 1, 2, 3} merupakan kodomain (daerah kawan) dan range (daerah hasil) yaitu {(–2, 0, 2)}. Nah sekarang dari hal tersebut kita sajikan ke dalam bentuk:

a. Diagram Panah
Diagram panah yang menggambarkan fungsi f tersebut seperti gambar  di bawah berikut ini.

b. Diagram Cartesius
Diagram Cartesius dari fungsi f tersebut seperti gambar  di bawah berikut ini.

c. Himpunan Pasangan Berurutan
Himpunan pasangan berurutan dari fungsi f tersebut adalah {(0, –2), (2, 0), (4, 2)}.

Perhatikan bahwa setiap anggota A muncul tepat satu kali pada komponen pertama pada pasangan berurutan. Nah untuk memantapkan pemahaman Anda tentang cara menyajikan suatu fungsi berikut Mafia Online berikan tambahan contoh soal dan pembahasannya.

Contoh Soal
Suatu fungsi dari A ke B didefinisikan sebagai f(x) = –2x + 7. Jika A = {x | –1 < x 5} dan B adalah himpunan bilangan bulat maka: a). tentukan f(x) untuk setiap x anggota himpunan A; b). gambarlah fungsi f(x) dalam diagram panah, diagram Cartesius, dan himpunan pasangan berurutan.

Penyelesaian:
A = {x | –1 < x 5} = {0, 1, 2, 3, 4, 5}, B = Bilangan bulat, dan f(x) = –2x + 7, maka:
a) nilai f(x) untuk setiap x anggota himpunan A yakni:
f(0) = –2.0 + 7 = 7
f(1) = –2. 1 + 7 = 5
f(2) = –2.2 + 7 = 3
f(3) = –2.3 + 7 = 1
f(4) = –2.4 + 7 = –1
f(5) = –2.5 + 7 = –3

b). fungsi f(x) dalam diagram panah seperti gambar berikut di bawah ini

fungsi f(x) dalam diagram Cartesius seperti gambar berikut di bawah ini.
 
fungsi f(x) dalam himpunan pasangan berurutan yakni {(0, 7), (1, 5), (2, 3), (3, 1), (4, –1), (5, –2)}.

Demikian postingan Mafia Online tentang cara penyajian suatu fungsi ke dalam diagram panah, diagram Cartesius dan himpunan pasangan berurutan. Mohon maaf jika ada kata-kata atau perhitungan yang salah dalam postingan di atas. Salam Mafia.
TOLONG DIBAGIKAN YA :

2 Responses to "Cara Menyajikan Suatu Fungsi"

  1. Berarti yang himpunan B bilangan bulat itu ndk usah dhitungkan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Himpunan B bilangan bulat itu diperhitungkan juga.

      Hapus

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.