Cara Menggambar Bangun Ruang


Jika Anda ingin menggambar bangun ruang ada beberapa konsep dasar yang harus anda kuasai yakni bidang gambar, bidang frontal, garis frontal, bidang orthogonal, garis orthogonal, sudut surut dan perbandingan proyeksi. Sekarang perhatikan gambar bangun kubus ABCD.EFGH di bawah ini.
 
Bidang Gambar
Bidang gambar adalah bidang atau suatu tempat permukaan untuk menggambar atau melukis bangun ruang. Biasa di notasikan dengan α, β, dan γ serta mempunyai kekhususan selalu menghadap muka pengamat. Misalnya dalam kehidupan nyata dicontohkan dengan papan tulis, buku tulis, kain kanvas, dan lain-lain. Bidang gambar pada gambar di atas adalah bidang α.

Bidang Frontal
Bidang frontal adalah bidang yang sejajar dengan bidang tempat gambar (kertas). Semua bangun yang terletak pada bidang frontal digambar dengan bentuk dan ukuran sesuai dengan ukuran sebenarnya. Pada gambar di atas yang merupakan bidang frontal adalah ABFE dan DCGH.

Garis Frontal
Garis frontal adalah garis yang terletak pada bidang frontal. Berdasarkan arahnya garis frontal dibedakan menjadi garis frontal horizontal dan garis frontal vertikal. Pada gambar di atas yang merupakan garis frontal horizontal adalah AB, EF, CD dan GH. Sedangkan garis frontal vertikalnya adalah AE, BF, CG, dan DH.

Bidang Orthogonal
Bidang orthogonal adalah bidang yang tegak lurus pada bidang frontal ke arah depan atau ke arah belakang secara horizontal dan vertikal. Pada gambar di atas yang merupakan bidang orthogonal adalah ABCD, EFGH, BCGF dan ADHE.

Garis Ortogonal
Garis ortogonal adalah garis yang tegak lurus bidang frontal. Pada gambar di atas yang merupakan garis orthogonal adalah AD, ED, BC dan FG.

Sudut Surut
Sudut surut adalah sudut pada gambar antara garis frontal horizontal arah ke kanan dengan garis ortogonal arah belakang. Pada gambar di atas yang merupakan sudut surut adalah sudut yang dibentuk oleh garis AB dan AD, maka pada gambar di atas besar sudut surut adalah 120°.

Perbandingan Proyeksi
Perbandingan proyeksi adalah perbandingan antara panjang ruas garis ortogonal pada gambar dengan panjang ruas garis itu sebenarnya. Pada gambar di atas perbandingan proyeksinya adalah 2 : 6 = 1 : 3

Untuk memantapkan pemahaman Anda tentang cara membangun bangun ruang, silahkan perhatikan contoh soal berikut ini.

Contoh Soal
Lukislah sebuah kubus PQRS.TUVW dengan ketentuan TUVW frontal, TW horizontal, panjang rusuk 9 cm, sudut surut 70°, dan perbandingan orthogonal 2:3!

Penyelesaian:
=>Lukis bidang frontal TUVW dengan TW horizontal dan panjang rusuknya 9 cm
=>Lukis garis PT yang membentuk sudut 70° dengan garis TW. Panjang garis PT pada gambar = 2/3 x 9 cm = 6 cm
=>Lukis garis SW dan PS untuk melengkapi bidang orthogonal TWSP
=>Lukis garis vertikal PQ dan RS yang panjangnya 9 cm
=>Lukis bidang orthogonal horizontal VUQR
Hasil gambarnya:
Demikian tentang cara menggambar bangun ruang. Mohon maaf jika ada kata-kata atau jawaban yang salah dalam postingan di atas. Salam Mafia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menggambar Bangun Ruang "

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.