Cara Menghitung Luas Tembereng Lingkaran


Pemahaman dasar yang harus anda kuasai untuk bisa menghitung luas tembereng suatu lingkaran yakni pengertian tembereng dan juring lingkaran (merupakan unsur atau bagian lingkaran), cara menghitung luas segitiga, cara menghitung luaslingkaran, dan hubungan antara sudut pusat dengan luas juring lingkaran. Tanpa konsep dasar tersebut Anda tidak akan mampu menghitung luas tembereng suatu lingkaran. Jadi pastikan diri Anda sudah menguasai konsep dasar tersebut.

Tembereng merupakan luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur dan tali busur, seperti contoh gambar di bawah ini.
Tembereng pada gambar di atas (yang diarsir) dibatasi oleh busur AB (garis lengkung AB) dan tali busur AB (garis lurus AB). Bagaimana cara mencari tembereng pada gambar di atas (diarsir)?

Perhatikan kembali gambar di atas, terlihat bahwa luas yang diarsir (tembereng) sama dengan luas juring AOB dikurangi dengan luas segitiga AOB. Jadi secara matematis mencari luas tembereng dapat ditulis:

Tembereng = Luas Juring – Luas Segitiga

Tanpa melihat contohnya mungkin Anda kebingungan, sekarang coba perhatikan contoh soal di bawah ini!

Contoh Soal
Perhatikan gambar di bawah ini!
Pada gambar di atas, jika jari-jari lingkaran 14 cm, hitunglah luas tembereng AB!

Penyelesaian:
Hal pertama yang anda lakukan adalah mencari luas juring AOB. Untuk mencari luas juring AOB Anda harus mencari luas lingkaran terlebih dahulu yakni:
L = πr2
L = (22/7) . (14 cm)2
L = 616 cm2

Sekarang cari luas juring dengan menggunakan rumus hubungan antara sudut pusat, luas juring, dan luas lingkaran. Dalam hal ini sudut pusatnya 90° karena berbentuk siku-siku, maka:
Luas juring/Luas lingkaran = sudut pusat/360°
Luas juring/616 cm2 = 90°/360°
Luas juring/616 cm2 = ¼
Luas juring = ¼ . 616 cm2
Luas juring = 154 cm2

Sekarang cari luas segitiga AOB dengan menggunakan rumus:
L = ½ . alas . tinggi
Karena alas dan tingginya sama yaitu jari-jari lingkaran, maka:
L = ½ . 14 cm . 14 cm
L = 98 cm2

Sekarang hitung luas tembereng AB dengan rumus di atas yang sudah dijelaskan, yaitu:
Luas tembereng = Luas juring – luas segitiga
Luas tembereng = 154 cm2– 98 cm2
Luas tembereng = 56 cm2
Jadi, luas tembereng AB adalah 56 cm2

Demikianlah cara menghitung luas tembereng lingakaran. Kunci utama untuk menguasai materi ini adalah sering-sering berlatih mengerjakan soal-soal latihan. Semoga artikel ini berguna buat Mafia Lover.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghitung Luas Tembereng Lingkaran"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.