website statistics Soal SMP kelas 8 Semester 2 tentang Cahaya dan Optik (Part II)

Soal SMP kelas 8 Semester 2 tentang Cahaya dan Optik (Part II)

Soal 1
Cermin cekung banyak dimanfaatkan untuk berhias, salah satunya, cermin cekung yang jari-jarinya 40 cm digunakan oleh Morgan untuk memeriksa jerawat di wajahnya. Bagaimana Morgan memposisikan cermin terhadap jerawat di wajahnya, supaya bayangan jerawat yang diamatinya tegak dan 2 kali lebih besar? Jelaskan!

Soal 2
 
Sumber gambar: lihat.co.id
Bolang adalah seorang anak yang senang berburu ikan. Suatu saat Bolang pergi ke sungai yang airnya jernih untuk menangkap ikan dengan menggunakan tombak. Kemana Bolang harus mengarahkan tombaknya agar dapat menangkap ikan tersebut? Jelaskan!

Soal 3
Guru IPA memberikan tugas kepada Vivin untuk melakukan percobaan sederhana, yaitu membakar kraras (daun pisang yang sudah kering) dengan menggunakan sinar matahari. Sebagai alat bantu, Vivin diberikan beberapa jenis lensa. Vivin harus memilih salah satu dari beberapa jenis lensa yang diberikan. Mana di antara lensa-lensa berikut yang harus digunakan oleh Vivin untuk melakukan percobaan tersebut? Lensa negatif, lensa konvergen,  lensa bikonkaf, atau lensa divergen. Jelaskan jawaban Anda.

Soal 4
Lensa cembung dapat dimanfaatkan sebagai kaca pembesar atau lup. Tukang jam biasanya menggunakan lensa cembung untuk melihat kerusakan pada mesin-mesin jam tangan yang ukurannya sangat kecil dan rumit. Tukang jam meletakkan mesin jam di antara titik fokus (F2) dan titik pusat (O) lensa cembung, sehingga bayangan yang tampak bersifat maya, tegak, dan diperbesar, seperti ditunjukkan pada gambar berikut.
Jika mengamati bayangan ini terlalu lama, maka mata tukang jam akan cepat lelah karena bayangan yang terbentuk cukup dekat dengan mata. Bagaimana seharusnya tukang jam memposisikan lensa cembung terhadap mesin jam, supaya bayangan mesin jam yang diamatinya tidak dekat dengan mata atau berada pada jarak tak berhingga, namun tetap dalam kondisi diperbesar? Jelaskan!

Soal 5
Putriani mendapat tugas menyusun karya ilmiah tentang insecta (binatang yang termasuk dalam kelompok serangga). Untuk menyelesaikan tugas tersebut, dia mengamati seekor kupu-kupu di “Butterfly Park” dengan menggunakan sebuah lensa cembung yang memiliki jarak fokus 15 cm. Bagaimana Putriani memposisikan lensa terhadap kupu-kupu, jika dia menginginkan bayangan kupu-kupu yang diamatinya tegak dan tiga kali lebih besar?


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal SMP kelas 8 Semester 2 tentang Cahaya dan Optik (Part II)"