website statistics Soal SMP kelas 8 Semester 2 tentang Cahaya dan Optik (Part I)

Soal SMP kelas 8 Semester 2 tentang Cahaya dan Optik (Part I)

Soal 1
Pada pertunjukan wayang kulit, dalang biasanya menggunakan “blencong” (lampu yang digunakan pada pertunjukkan wayang) dan layar yang merupakan tempat terlihatnya bayangan tokoh-tokoh pewayangan. Kualitas pertunjukkan wayang kulit bukan dinilai dari ceritanya saja, tetapi juga bayangan tokoh-tokoh pewayangan yang muncul pada layar. 
 
Jika Anda menjadi dalang, apa yang anda lakukan untuk mendapatkan bayangan yang sempurna (tidak menghasilkan bayangan yang kabur atau penumbra) agar dapat disaksikan oleh penonton dengan jelas?

Soal 2
Wahyudi ingin mengambil kardus yang berisi pakaian bekas untuk disumbangkan ke panti asuhan. Ternyata kardus tersebut ditaruh di gudang oleh ibunya. Wahyudi membawa lilin untuk menemukan kardus tersebut, karena di gudang gelap dan lampunya tidak bisa lagi menyala. Ketika sampai di gudang, ia melihat banyak tumpukan kardus, kemudian ia menaruh lilin di belakang kardus, posisinya seperti ditunjukkan pada gambar berikut.
Pada posisi tersebut, Wahyudi mengalami kesulitan menemukan kardus, sebab tulisan label barang-barang yang ditulis pada kardus tidak dapat dibacanya. Bagaimana cara yang tepat memposisikan lilin, kardus, dan mata, supaya Wahyudi dapat melihat tulisan label barang-barang yang ada pada kardus, sehingga ia dapat memastikan kardus yang ia cari?

Soal 3
Anggie adalah seoarang gadis remaja yang memiliki tinggi tubuh 1,60 m dan jarak mata dari puncak kepalanya adalah 0,10 m. Anggie ingin selalu tampil cantik dan rapi dari puncak kepala sampai ujung kaki. Tetapi, dengan cermin datar yang ada di kamarnya, Anggie tidak dapat melihat keseluruhan tubuhnya. Untuk itu, dia ingin mengganti cermin di kamarnya supaya dia dapat melihat bayangan tubuhnya secara utuh. Supaya keinginan Anggie terwujud, berapa ukuran tinggi minimal cermin datar yang diperlukan? Jelaskan!

Soal 4
Banyak bidang kehidupan sehari-hari yang menerapkan sifat cermin cekung, baik dalam teknologi sederhana maupun dalam teknologi canggih. Salah satu penerapan sifat cermin cekung adalah kompor tenaga surya, yaitu perangkat masak yang memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi. Perangkat tersebut terdiri dari kaca reflektor (kaca pemantul cahaya) yang berfungsi sebagai cermin cekung dan sebuah panci masak yang diletakkan di depan kaca reflektor, seperti ditunjukkan pada gambar berikut.
Dalam kompor surya tersebut, dimanakah kedudukan panci masak yang paling tepat? Apakah diletakan di titik pusat kaca reflektor, di titik fokus kaca reflektor, di antara titik pusat dan titik fokus kaca reflektor, atau di titik pusat kelengkungan kaca reflector. Jelaskan alasannya!

Soal 5
Beberapa tikungan yang tajam di jalan raya sering terjadi kecelakaan. Salah satu penyebabnya adalah pengendara motor ataupun mobil kesulitan melihat keadaan jalan yang ada di balik tikungan. Untuk mengatasi masalah tersebut, dinas perhubungan akan memasang sebuah cermin di beberapa tikungan yang rawan kecelakaan. Mana di antara cermin-cermin berikut yang paling tepat digunakan? Cermin cekung, cermin rias, cermin datar, atau cermin cembung. Jelaskan alasan Anda memilih cermin tersebut!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal SMP kelas 8 Semester 2 tentang Cahaya dan Optik (Part I)"