Contoh Soal Model Kerangka Kubus


Sebelum anda mencoba memahami contoh soal ini sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu konsep model kerangka kubus. Akan tetapi jika anda paham dengan konsep tersebut silahkan anda pahami contoh soal berikut ini.

Contoh Soal 1
Sukma memiliki kawat sepanjang 156 cm. Ia ingin menggunakan kawat tersebut untuk membuat kerangka kubus. Berapa panjang rusuk kubus agar kawat tidak bersisa?

Penyelesaian:
Diketahui:
r = 156 cm

Ditanyakan:
s = ?

Jawab:
r = 12s
s = r/12
s = 156 cm/12
s = 13 cm

Contoh soal 2
Kawat dengan panjang 9 m akan dibuat 5 buah model kerangka kubus. Berapa panjang maksimal rusuk yang harus dibuat agar menghasilkan 5 buah model kerangka kubus?

Penyelesaian:
Kita ketahui bahwa panjang kawat adalah 9 m = 900 cm. Untuk menjawab soal ini kita harus mencari berapa panjang kawat yang diperlukan untuk membuat sebuah model kerangka kubus, yaitu
r = 900 cm/5
r = 180 cm

sekarang kita akan mencari panjang rusuk yang bias dibuat, yaitu:
r = 12s
s = r/12
s = 180 cm/12
s = 15 cm

Jadi rusuk yang harus dibuat agar menghasilkan 5 buah kubus dengan panjang kawat 9 m adalah 15 cm.

Demikian beberapa contoh soal tentang model kerangka kubus. Semoga contoh soal ini membantu anda dalam memahami konsep jaring-jaring kubus.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Soal Model Kerangka Kubus"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.