Sifat Koligatif Larutan Elektrolit

Berbeda dengan zat nonelektrlit, zat elektrolit dalam air akan terurai menjadi ion-ion sehingga dengan jumlah mol yang sama, zat elektrolit akan menghasilkan konsentrasi partikel yang lebih banyak dibandingkan zat nonelektrolit. Satu mol zat nonelektrolit dalam larutan menghasilkan 6,02 × 1023 partikel. Sedangkan satu mol zat elektrolit menghasilkan partikel yang lebih banyak, apalagi zat elektrolit kuat yang dalam air terionisasi seluruhnya. Satu mol NaCl bila terionisasi seluruhnya akan menghasilkan 6,02 × 1023 ion Cl- sehingga jumlah partikel zat terlarut dua kali lebih banyak daripada satu mol zat nonelektrolit. Dengan demikian dengan konsentrasi larutan yang sama, larutan elektrolit memiliki sifat koligatif yang lebih besar daripada larutan nonelektrolit. Larutan urea dan NaCl dengan molalitas yang sama, manakah ΔTb dan ΔTf yang lebih besar?

ΔTb dan ΔTf larutan NaCl akan lebih besar dibandingkan ΔTb dan ΔTf larutan dengan molalitas sama. Masih ingatkah konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit? Bila NaCl dilarutkan dalam air akan terionisasi menjadi ion Na+ dan Cl–. Bila derajat ionisasi NaCl α = 1, maka seluruh NaCl terionisasi menjadi Na+ dan Cl–.

Dengan demikian molalitas total adalah
m = molalitas Na+ + molalitas Cl
m = 0,1 m + 0,1 m
m = 0,2 m

Jadi, dengan molalitas yang sama, larutan urea 0,1 m dan NaCl 0,1 m dapat kita bandingkan:
ΔTb urea = m × Kb
ΔTb urea = 0,1 × 0,52
ΔTb urea = 0,052 °C

ΔTb NaCl = m × Kb
ΔTb NaCl = 0,2 × 0,52
ΔTb NaCl = 0,104 °C

Sifat koligatif ΔTb larutan NaCl 0,1 m dua kali lebih besar dibanding sifat koligatif (ΔTb) larutan urea 0,1 m. Perbandingan sifat koligatif larutan elektrolit yang terukur dengan sifat koligatif larutan nonelektrolit yang diharapkan pada konsentrasi yang sama disebut faktor Van’t Hoff. (i). Dengan demikian untuk larutan elektrolit berlaku rumus-rumus sifat koligatif sebagai berikut:
ΔTb = m × Kb × i
ΔTf = m × Kf × i
π = m × R × T × i
dengan:
i = 1 + (n - 1)α
n = banyaknya ion
α = derajat ionisasi
untuk elektrolit kuat (α = 1), harga i = n.

Contoh Soal 1
Berapakah titik didih larutan yang dibuat dengan melarutkan 5,58 gram NaCl dalam 1 kg air? (Kb air = 0,52, Ar Na = 23, Cl = 35,5)

Jawab:
Diketahui:
massa NaCl = 5,58 gr
massa air = 1 kg
Kb air = 0,52 C/molal
Mr.NaCl = 58,5 gr/mol
n = 2
Ditanyakan: ΔTb =?
Penyelesaian:
mol NaCl = massa/Mr
mol NaCl = 5,58 gr/(58,5 gr/mol)
mol NaCl = 0,1 mol

m = mol/massa air
m = 0,1 mol/1 kg
m = 0,1 molal

ΔTb = m × Kb × i (NaCl, elektrolit kuat, α = 1)
ΔTb = m × Kb × n
ΔTb = 0,1 molal × 0,52 °C/molal × 2
ΔTb = 0,104 °C

Tb = 100 °C + 0,104 °C
Tb = 100,104 °C
TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Sifat Koligatif Larutan Elektrolit"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.