Aplikasi Sifat Koligatif Desalinasi Air Laut

Laut merupakan sumber kekayaan alam yang paling melimpah dan merupakan tempat penyimpanan air terbesar yang ada di bumi. Dengan jumlah air yang sangat besar maka orang mulai mencoba memanfaatkan air laut. Akan tetapi karena airnya laut rasanya asin maka orang-orang mencoba untuk menghilangkan keasinan air laut tersebut sehingga menjadi air tawar yang siap untuk diminum kapan saja. Peristiwa menghilangkan sifat keasinan air laut sehingga menjadi air tawar disebut dengan istilah “desalinasi”

Dewasa ini desalinasi merupakan salah satu masalah yang mendesak untuk mendapat perhatian. Pertambahan penduduk, industri dan irigasi harus diimbangi tersedianya air tawar yang cukup. Desalinasi dapat dilakukan dengan penyulingan, pembekuan, osmosis balik, elektrodialisis, dan pertukaran ion. Metode desalinasi osmosis balik menjadi harapan sebagai metode yang ekonomis. Dalam proses ini, garam dipisahkan dengan tekanan pada membran semipermiabel yang memisahkan sumber air (asin) dan produk air tawar. Dewasa ini osmosis balik telah diterapkan untuk menghilangkan garam dari air payau dan menjadi harapan untuk desalinasi skala besar terhadap air payau maupun air laut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi Sifat Koligatif Desalinasi Air Laut"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.