Partikel Pembangun Atom

Apa yang terjadi jika anda memotong sebuah kapur? Kapur tersebut akan menjadi kecil. Apa yang terjadi jika kapur tersebut dipotong secara terus menerus? Jika anda memotong kapur secara terus menerus maka Anda akan menemukan partikel yang tidak akan bisa dibagi lagi yang disebut dengan atom. Apakah atom merupakan partikel terkecil dari suatu zat? Atom bukan merupakan bagian terkecil dari suatu zat karena atom tersebut tersusun dari subatom yaitu elektron, proton dan neutron.

 kapur yang dihancurkan kecil-kecil secara terus menerus
Sebelum ilmu Kimia berkembang dengan pesat seperti sekarang ini, para filsafat Yunani Kuno sudah mengenal istilah atom. Menurut pandangan filsafat yunani kuno, bahwa atom adalah partikel terkecil yang membangun materi. Dengan teknologi modern, atom dapat diurai menjadi partikel-partikel yang lebih kecil, dinamakan partikel subatom, yaitu elektron, proton, dan neutron.

Penemuan partikel-partikel yang lebih kecil dari atom tersebut didasarkan pada hasil percobaan yang dilakukan oleh para ilmuwan. Misalnya pada penemuan elektron didasarkan pada percobaan sinar katoda. Penemuan proton didasarkan pada percobaan dari tabung gas yang memiliki katode, yang diberi lubang-lubang dan diberi muatan listrik, sedangkan penemuan neutron didasarkan percobaan penembakan unsur berilium oleh partikel alfa kecepatan tinggi.

Bagaimana hasil temuan dari percobaan-percobaan tersebut? Untuk info lengkapnya silahkan anda baca pada link-link berikut ini.
TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Partikel Pembangun Atom"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.