Bagaimanakah Fluida dapat Menghasilkan Tekanan?

Mungkin anda telah akrab dengan istilah-istilah tekanan air, tekanan udara, dan tekanan darah. Pada postingan sebelumnya kita sudah mengulas tentang apa itu tekanan. Pada kesempatan ini anda akan mempelajari tentang tekanan pada fluida yaitu bagaimana fluida dapat menghasilkan tekanan. 

Berbagai peralatan tidak akan bekerja dengan semestinya bila tekanan fluida di dalamnya tidak seperti yang seharusnya, seperti ditunjukkan pada di bawah ini, di mana ban motor tidak akan bisa digunakan jika tidak ada tekanan udara di dalam ban tersebut. Bagaimanakah fluida dapat menghasilkan tekanan?

Ban belakang sepeda motor yang kempes, 
karena tidak ada udara di dalamnya yang memberikan tekanan

Sumber Gambar: maskurblog.wordpress.com

Semua benda tersusun dari partikel-partikel yang sangat kecil. Gaya yang ada dalam fluida disebabkan oleh massa dan gerak partikel-partikel yang membentuk fluida tersebut. Di dalam zat padat, partikel-partikel tersebut tersusun sangat rapat. Oleh karena itu partikel-partikel zat padat tersebut tidak bebas bergerak. Namun, di dalam zat cair dan gas partikel-partikelnya tidak tersusun secara rapat. Jadi partikel-partikel itu lebih bebas bergerak. Partikel-partikel penyusun fluida tersebut secara terus-menerus bergerak ke segala arah.

Pada saat bergerak, partikel-partikel itu menumbuk partikel-partikel lain dan dinding wadah fluida dengan gaya yang besarnya bergantung pada massa dan percepatan partikel tersebut. “Dorongan” atau gaya oleh partikel- partikel tersebut yang bekerja pada suatu luas tertentu disebut tekanan. Tekanan fluida bekerja ke segala arah sama besar.

Udara yang menyelimuti Bumi kita atau atmosfer Bumi mempunyai tekanan. Tekanan atmosfer yang paling besar adalah di permukaan laut. Udara dalam atmosfer mengerahkan tekanan sebesar 10,13 N/cm2 di permukaan laut. Jika punggungmu memiliki luas 1000 cm2  maka udara menekan punggungmu dengan gaya 10.130 N. Gaya ini hampir sama dengan berat sebuah mobil! Apa yang membuat tubuhmu tidak remuk oleh gaya sebesar ini? Fluida di dalam tubuhmu juga mengerahkan gaya. Tekanan udara di luar tubuhmu disetimbangkan oleh tekanan fluida di dalam tubuhmu. Oleh karena itu kamu tidak merasakan gaya dari udara di luar tubuhmu tersebut.


Demikian postingan Mafia Online mengenai "Bagaimanakah Fluida dapat Menghasilkan Tekanan?" Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Jika ada tulisan kami yang salah atau mengalami miskonsepsi, kami minta maaf.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimanakah Fluida dapat Menghasilkan Tekanan?"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.