website statistics Perpindahan Kalor Akibat Perbedaan Suhu

Perpindahan Kalor Akibat Perbedaan Suhu

Jika kamu sedang sakit panas, ibumu biasanya mengompres dengan cara menempelkan handuk yang telah dicelupkan ke dalam air di dahi. Menurutmu, air hangat atau air dingin yang digunakan? Untuk apa hal itu dilakukan? Hal tersebut dilakukan agar suhu tubuhmu menjadi turun. Mengapa demikian?
Setelah air panas dicampur dengan air dingin, campuran air panas dan air dingin tersebut memiliki suhu yang sama. Mengapa hal itu dapat terjadi? Air panas memiliki suhu yang lebih tinggi dan molekul-molekulnya bergerak lebih cepat daripada air dingin. Air panas memberikan sebagian energinya untuk menggerakkan molekul-molekul air dingin sehingga bergerak lebih cepat daripada sebelumnya. Energi yang dilepaskan air panas menyebabkan gerak molekul-molekul air panas menjadi lebih lambat. Akhirnya, laju gerak molekul air menjadi sama sehingga suhu kedua air menjadi sama.
Dari kegiatan tersebut, dapat dikatakan bahwa energi dapat berpindah karena perbedaan suhu. Air panas akan melepaskan energi yang berwujud kalor, sedangkan air dingin akan menerima kalor tersebut. Dengan kata lain, kalor dapat berpindah secara alamiah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu rendah. Akan tetapi, kalor tidak dapat berpindah secara alamiah dari benda bersuhu rendah ke benda bersuhu tinggi tanpa perlakuan tertentu dan tanpa bantuan alat. Perpindahan kalor memenuhi hukum kekekalan energi, yakni kalor yang dilepaskan oleh suatu benda sama dengan kalor yang diterima oleh benda penerima (asas Black).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perpindahan Kalor Akibat Perbedaan Suhu"