website statistics Pengertian Kalor Secara Fisika

Pengertian Kalor Secara Fisika

Iklan
Iklan
Pada Dalam kehidupan sehari-hari, kamu biasa mendengar istilah air panas, air hangat, dan air dingin. Ketiga macam air tersebut sebenarnya mengandung zat yang sama, yakni air, tetapi memiliki suhu yang berbeda. Apa pengertian suhu? Silahkan baca pengertian suhu. Akan tetapi pada kesempatan ini Mafia Online akan membahas mengenai pengertian kalor. Apa pengertian kalor secara fisika?
Perubahan suhu suatu zat berhubungan erat dengan kalor yang diterima atau dilepaskan oleh zat tersebut. Air dingin akan menjadi panas jika mendapatkan energi atau kalpr dari luar. Misalnya, energi dari hasil pembakaran bahan bakar minyak. Sebaliknya, air panas yang berada dalam sebuah gelas, lama-kelamaan akan menjadi dingin jika dibiarkan di udara terbuka karena terus-menerus melepaskan energi ke udara di sekitar gelas. Uraian tersebut menunjukkan bahwa zat menjadi panas jika ada sejumlah energi yang merambat masuk ke dalam zat. Lalu, zat menjadi dingin jika sejumlah energi keluar dari zat tersebut. Energi yang merambat dari suatu benda ke benda lain karena adanya perbedaan suhu dinamakan kalor. Jadi apa pengertian kalor?
Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian kalor adalah suatu bentuk energi yang secara alamiah dapat berpindah dari benda yang suhunya tinggi menuju suhu yang lebih rendah saat bersinggungan. Kalor juga dapat berpindah dari suhu rendah ke suhu yang lebih tinggi jika dibantu dengan alat yaitu mesin pendingin.
Besarnya kalor (Q) yang diperlukan oleh suatu benda sebanding dengan massa benda (m), bergantung pada kalor jenis (c), dan sebanding dengan kenaikan suhu (Δt).
Secara matematis dapat dituliskan :
Q = m x c x Δt
Keterangan:
Q = kalor yang diperlukan atau dilepaskan (J)
m = massa benda (kg)
c = kalor jenis benda (J/kg0C)
Δt = kenaikan suhu (0C)
Satuan kalor menurut SI adalah joule (J). Terdapat satuan kalor yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari, antara lain kilokalori, kalori. Satu kalori dapat didefinisikan banyaknya kalor yang diperlukan tiap 1 gram air, sehingga suhunya naik 10°C. Sedangkan satu kilokalori didefiniskan banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan 1 kg air, sehingga suhunya naik 10°C. Terdapat kesetaraan antara satuan joule dangan satuan kalori yang biasa dikenal dengan sebutan tara kalor mekanik.
1 kalori = 4,2 joule
1 kilokalori = 4.200 joule
1 joule = 0,24 kalori
Kalor sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Sebagian besar energi yang digunakan manusia saat ini adalah energi yang berasal dari Matahari. Mesin-mesin pabrik, kendaraan bermotor, kapal laut, dan pesawat terbang memerlukan aliran energi atau kalor. Energi yang tersimpan dalam bahan bakar diubah menjadi kalor sebelum dimanfaatkan menjadi energi kinetik (gerak).

Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Kalor Secara Fisika"